kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terang Dunia (United Bike) Siap Dukung Pemerintah untuk Mengurangi Polusi


Rabu, 04 Oktober 2023 / 12:24 WIB
Terang Dunia (United Bike) Siap Dukung Pemerintah untuk Mengurangi Polusi
ILUSTRASI. United Bike bersiap untuk mendukung pemerintah untuk menekan polusi udara melalui penggunaan kendaraan listrik. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/tom.


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Terang Dunia Internusa (TDI) atau dikenal dengan United Bike, produsen sepeda dan kendaraan listrik roda dua bersiap untuk mendukung pemerintah untuk menekan polusi udara melalui penggunaan kendaraan listrik.

Presiden Direktur Terang Dunia Internusa Stephen Mulyadi mengatakan, pihaknya terus berupaya mengembangkan dan membangun motor listrik ramah lingkungan sebagai alternatif motor berbasis internal combustion engine (ICE).

“Kami memiliki visi merevolusi industri transportasi dengan menyediakan kendaraan roda dua baik listrik maupun pedal ramah lingkungan, efisien, dan terjangkau kepada dunia,” kata Stephen dalam siaran pers, Rabu (4/10).

Baca Juga: United Bike Serius Menggarap Kendaraan Listrik

Buruknya kondisi udara DKI Jakarta akibat polusi telah menjadi masalah serius yang perlu segera diatasi. Peralihan penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik, dapat menjadi salah satu solusi dari pemerintah untuk menekan polusi udara.

Data terbaru dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menyebutkan kualitas udara di DKI Jakarta menembus angka 196 pada Minggu, 1 Oktober 2023. 

Level kualitas udara tersebut membuat DKI Jakarta menempati posisi terburuk dibandingkan dengan beberapa kota besar lain di Jawa seperti Bandung, Semarang, Solo, Malang, dan Yogyakarta.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dalam Rapat Terbatas Kabinet di Istana Negara, di Jakarta pada (14/8) memaparkan bahwa sektor transportasi merupakan pengguna bahan bakar paling besar di Jakarta.

United Bike memiliki beragam produk unggulan kendaraan listrik. Di produk sepeda listrik (e-vehicle dan e-series), United Bike memiliki produk yang meliputi E-MTB, E-Gravel, E-Moped, City dan Folding. Selanjutnya, untuk sepeda motor listrik (EV-motorcycles), United Bike memiliki produk seperti MX-1200, T-1800, TX-1800 dan TX-3000.

Baca Juga: Produsen Motor Listrik Genjot Kapasitas Produksi Pasca Syarat Subsidi Dipermudah

Dia juga menjelaskan, sebagian besar komponen yang digunakan oleh United E-Motor berasal dari domestik. Oleh karena itu, biaya material yang dikeluarkan lebih rendah dan ketersediaan yang lebih terjamin sejalan dengan jaringan kemitraan United Bike.

TDI memiliki empat tipe motor listrik yakni MX-1200, T-1800, TX-1800, dan TX-3000. Produk-produk tersebut memiliki sederet keunggulan dibandingkan dengan produk setipe mulai dari TKDN di atas 40%, jarak tempuh maksimal yang lebih jauh, hingga garansi baterai yang mencapai 3 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×