kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terminal 3 lama dibenahi, 2 maskapai bakal pindah


Rabu, 10 Agustus 2016 / 09:30 WIB
Terminal 3 lama dibenahi, 2 maskapai bakal pindah


Reporter: RR Putri Werdiningsih, Syifa Fauziah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Terminal III baru di Bandara Internasional Soekarno Hatta telah resmi beroperasi kemarin (9/8). Rupanya tahapan pengembangan bandara terpadat di Indonesia tidak hanya berhenti disitu. Setelah pengoperasian terminal anyar, PT Angkasa Pura akan segera melanjutkan pengembangan terminal III yang lama.

"Setelahnya nanti dari terminal 3 existing ada yang akan masuk ke terminal 2F dan masuk ke terminal 1,” ujar Haerul Anwar, Public Relation Manager PT Angkasa Pura II kepada Kontan, Selasa (9/8).

Kedua maskapai yang akan pindah tersebut adalah Air Asia Indonesia dan Lion Air. Perpindahan kedua maskapai itu sengaja dilakukan demi bisa melakukan pembenahan di bangunan terminal 3 yang sudah beroperasi. Angkasa Pura II merencanakan untuk menggabungkan bangunan lama dan bangunan baru membentuk seperti huruf U.

Menurut Haerul, setelah dilakukannya pengosongan terminal II F oleh Garuda Indonesia sekitar 3-4 hari, kemudian seminggu setelahnya dua maskapai nasional itu bisa memindahkan operasinya. Lion Air akan masuk ke terminal IA dan Air Asia akan berpindah ke terminal II.

Pihak Lion Air saat ini sedang bersiap untuk memindahkan operasinya dari terminal III existing menuju terminal IA. Edward Sirait, CEO Lion Group mengaku pihaknya telah menerima pemberitahuan untuk memindahkan operasinya pada 12 Agustus ini. Pemindahan operasi itu akan dialami oleh 20 penerbangan dengan rute tujuan seperti ke Solo, Semarang dan Denpasar.

“Selain terminal I nanti juga ada pemindahan ke terminal 2 tetapi kami masih menunggu pengaturan ulang dari pihak AP II,” terangnya.

Menurutnya dalam proses penataan operasi bandara Soekarno Hatta, Lion Air akan mengalami dua kali pemindahan yaitu menuju terminal I dan menuju terminal II. Hanya saja sejauh ini perseroan masih berkonsentrasi melakukan sosialisasi untuk pemindahan operasi ke terminal I terlebih dahulu. Kata dia, sekarang semua penumpang yang membeli tiket sudah mulai mendapatkan pemberitahuan mengenai pemindahan operasi tersebut.

Hal berbeda justru diungkapkan oleh Air Asia Indonesia. Meski hanya tinggal menghitung hari tetapi maskapai milik Tony Fernandes itu malah mengaku masih menunggu konfirmasi dari pihak Angkasa Pura II.

Baskoro Adiwiyono, Head of Corporate Secretary and Communication Air Asia Indonesia mengaku pihaknya memang sudah menerima pemberitahuan rencana perpindahan operasional ke terminal II, tetapi masih belum menerima surat resmi.

“AirAsia masih melayani penumpang penerbangan kami melalui terminal 3 lama,” tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×