kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,63   -8,92   -0.98%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tertekan produk impor, kinerja Latinusa terhambat


Rabu, 08 Agustus 2012 / 06:58 WIB
Tertekan produk impor, kinerja Latinusa terhambat
ILUSTRASI. Pemain film Raline Shah tampil dengan makeup flawless saat ditemui pada acara peluncuran shampo Pantene antiketombe 2in1, di Emperica SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2017). Tribunnews/Jeprima


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Kinerja PT Pelat Timah Nusantara Tbk (NIKL) atau Latinusa selama paruh pertama tahun ini tercatat stagnan bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Malah justru terjadi penurunan tipis.

Pada semester satu, pendapatan Latinusa mencapai Rp 631,21 miliar. Nah, di periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 631,29 miliar.
Meski terlihat stagnan, pendapatan Latinusa di kuartal satu tahun ini justru anjlok 7,5% dibanding periode yang sama tahun lalu. Saat itu, penjualan bahan baku kaleng atau tinplate mencapai 23.269 ton.

Penurunan ini terjadi lantaran konsumen Latinusa yakni industri kemasan masih punya stok barang dari tahun sebelumnya. Selain itu, produk tinplate impor membanjiri pasar domestik. Lantaran pasar negara Eropa dan Amerika sedang krisis. "Ini menyebabkan persaingan menjadi sangat ketat dan harga pun semakin kompetitif," kata Wuri Wuryani, Investor Relation Latinusa.

Tak ada pilihan lain bagi Latinusa selain mesti kerja keras untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
Hasilnya tergolong manjur. Penjualan tinplate Latinusa April hingga Juni lalu mencapai sekitar 30.000 ton, atau rata-rata mencapai 10.000 ton per bulan.

Secara tradisi permintaan tinplate di kuartal kedua memang mulai meninggi dari kuartal satu. Permintaan pun semakin tinggi menjelang puasa dan Lebaran ini. Imbasnya, pendapatan di kuartal kedua bisa membantu kinerja kuartal satu yang minus.

Sejauh ini pelanggan utama Latinusa didominasi industri makanan dan minuman. Tinplate Latinusa biasa digunakan sebagai kaleng kemasan makanan atau minuman. Nah,laju industri makanan yang diprediksi positif tahun ini membuat perusahaan plat merah ini yakin mampu mencatatkan kinerja positif sampai akrhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×