kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tetra Pak kembangkan sedotan kertas


Selasa, 15 Mei 2018 / 20:14 WIB
Tetra Pak kembangkan sedotan kertas
ILUSTRASI. Tetra Pak


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tetra Pak berencana meluncurkan sedotan kertas untuk kemasan karton ukuran sekali minum pada akhir tahun ini sebagai bagian dari program penanganan isu sampah sedotan plastik.

Menurut Charles Brand, Executive Vice President, Product Management & Commercial Operations Tetra Pak menjelaskan pada kelihatannya proses tersebut cukup sederhana. Namun, pada kenyataannya terdapat tantangan khusus dalam proses produksi sedotan kertas untuk kemasan.

“Meskipun demikian, tim kami yakin dapat menemukan solusi untuk permasalahan tersebut dan kami akan meluncurkan sedotan kertas pada akhir tahun ini," kata Charles dalam keterangan pers, Kamis (15/5).

Sedotan memiliki fungsi pelengkap yang penting pada kemasan karton namun, jika tidak diolah dengan baik, dapat memicu permasalahan sampah plastik. Tetra Pak telah mengampanyekan gerakan “Kembalikan Sedotan ke dalam Kemasan” untuk mendorong konsumen memasukkan kembali sedotan ke dalam kemasan yang telah kosong agar dapat dikumpulkan bersama dengan kemasan karton.

Saat ini, Tetra Pak sedang melakukan pengembangan produk sedotan kertas yang sesuai untuk digunakan pada kemasan karton ukuran sekali minum.

Sebagai informasi, kemasan Tetra Pak terdiri dari sekitar 75% kertas karton. Adapun sedotan kertas akan menjadi langkah penting terkait ambisi jangka panjang perusahaan untuk menawarkan portofolio produk yang sepenuhnya ramah lingkungan.

Managing Director Tetra Pak Indonesia, Paolo Maggi menambahkan Tetra Pak telah hadir di Indonesia sejak tahun 1975, dan telah bermitra dengan banyak pengumpul dan industri pendaur kemasan karton bekas di Indonesia. Saat ini Tetra Pak Indonesia telah memiliki mitra pabrik daur ulang di Tangerang dan Surabaya.

"Pada tahun 2017 lebih dari 4000 ton kemasan karton bekas telah dikumpulkan dari masyarakat dan di daur ulang menjadi produk berguna yang telah banyak dipakai di Indonesia seperti kertas, atap gelombang, maupun bahan baku furniture," kata Paolo, dalam keterangan pers Kamis (15/5).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×