kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Thorcon bakal bangun prototipe PLTT di Bangka Belitung


Kamis, 30 Juli 2020 / 20:25 WIB
Thorcon bakal bangun prototipe PLTT di Bangka Belitung
Thorcon bakal bangun prototipe PLTT di Bangka Belitung


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. ThorCon International Pte Ltd memastikan bakal membangun prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Thorium di Bangka Belitung pasca penandatanganan Memorandum of Understanding dengan Pemerintah Provinsi pada Kamis (30/7). Penandatanganan dilakukan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dan kantor perwakilan ThorCon International Pte. Ltd.

Staf khusus Gubernur Bidang Percepatan Pembangunan Safari ANS menuturkan sejumlah pertimbangan pemerintah provinsi dalam mendukung upaya pembangunan prototipe PLTT ini.

"Hal pertama, Pemprov. Babel memilih MoU hari ini karena thorcon merencanakan investasi 100% menggunakan dana mereka sendiri sebesar Rp 17 triliun untuk tahap pertama ini, tidak satu sen pun menggunakan dana APBD dan APBN," ungkap Safari dalam keterangan pers, Kamis (30/7).

Baca Juga: Realisasi investasi listrik masih 33,22%

Ia melanjutkan, pertimbangan kedua yakni penggunaan material oleh ThorCon merupakan material yang sudah ada di Babel dan diklaim sangat ramah lingkungan serta tidak ada pencemaran.

Pertimbangan berikutnya yakni masyarakat Babel yang dinilai sudah terbiasa menggunakan thorium ini dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh yaitu cahaya putih pada lampu petromaks yang biasa digunakan untuk menerangi bagan, rumah tangga selama bertahun-tahun.

"Itulah thorium yang membuat lampu itu menyala. Jadi sangat-sangat terbiasa dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Babel," ungkapnya.

Selain itu, alasan keempat yakni rencana investasi Thorcon yang akan dilakukan dalam waktu secepat-cepatnya. Pemprov Babel meyakini dalam waktu dekat Babel akan menjadi daerah yang mengekspor energi keluar Babel.

"Inilah era dimulainya industrialisasi di Babel, kita tidak ingin selamanya menjadi daerah tambang, tetapi kita ingin menjadi daerah industri, hi-tech industri, industri elektronik zaman modern, kita tinggalkan tambang," tegasnya.

Sementara itu, Bob.S. Effendi selaku Chief Representative ThorCon International sangat mengapresiasi langkah cepat Gubernur Erzaldi dalam menangkap peluang ini.

Baca Juga: Sony Vision-S, mobil listrik besutan Sony segera diuji di jalanan tahun ini

"Gubernur Erzaldi punya visi besar bisa langsung menangkap peluang ini, untuk Babel menjadi sebuah pulau yang di kemudian hari dapat merubah diri yang sebelumnya berbasis Sumber Daya Alam (SDA) menjadi lumbung energi, bahkan mungkin sentra industri dengan pemanfaatan thorium dan logam tanah jarang ini," ungkap Bob

Bob menambahkan, ke depannya kesepakatan ini akan menjadi harapan baru untuk kesejahteraan Babel. Hal ini juga dinilai sebagai sejarah, karena ini merupakan PLTT pertama yang akan dibangun swasta dengan bekerja sama dengan pemda.

Pihaknya berharap Pemprov Babel dapat segera menyurati pemerintah pusat, Presiden khususnya untuk dapat menetapkan Babel sebagai lokasi implementasi PLTT ini. "Karena ini penetapannya pemerintah pusat, kemudian setelah ditetapkan di pusat baru langkah selanjutnya kita bersama-sama melakukan kajian lokasi yg tepat," pungkas Bob.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×