kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.508.000   10.000   0,67%
  • USD/IDR 15.930   -61,00   -0,38%
  • IDX 7.141   -39,42   -0,55%
  • KOMPAS100 1.095   -7,91   -0,72%
  • LQ45 866   -8,90   -1,02%
  • ISSI 220   0,44   0,20%
  • IDX30 443   -4,74   -1,06%
  • IDXHIDIV20 534   -3,94   -0,73%
  • IDX80 126   -0,93   -0,74%
  • IDXV30 134   -0,98   -0,72%
  • IDXQ30 148   -1,09   -0,73%

TikTok Catatkan Rekor Penjualan Rp 107 Miliar Lewat Live Shopping


Senin, 11 September 2023 / 15:26 WIB
TikTok Catatkan Rekor Penjualan Rp 107 Miliar Lewat Live Shopping
ILUSTRASI. Penjualan produk melalui media sosial TikTok Shop tembus hingga Rp 107 miliar.


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha

TikTok - JAKARTA. Penjualan di TikTok Shop kian meningkat. Pada Agustus 2023 lalu, TikTok bisa pecahkan rekor penjualan bulanan di Indonesia sebesar Rp 107 miliar lewat fitur Live Shopping.

Tiktok memiliki beragam tools untuk membantu brand terhubung dengan kreator dan komunitas untuk pembelian. Antara lain adalah TikTok Creator, Marketplace, TikTok Creative Exchange, Video Shopping Ads, dan juga Live SHopping Ads. 

Berdasarkan data internal TikTok Shop dalam siaran pers, Senin (11/9), 1 dari 3 pengguna TikTok pernah membeli produk melalui TikTok Shop. TikTok Shop dilirik lantaran konsep Shoppertainment (entertainment first, e-commerce second) yang membuat daya tarik bagi banyak pihak. 

Memasuki tahun ketiganya beroperasi di Indonesia, TikTok Shop kembali memecahkan rekor penjualan melalui fitur Live Shopping senilai Rp 107 miliar. Pencapaiannya ini justru didorong dengan kolaborasi antara affiliate dengan merek lokal dan juga figur publik. 

Baca Juga: TikTok Dilarang Berjualan, Bagaimana Efeknya ke GOTO, BUKA dan BELI?

Sebagai informasi, tiga kreator affiliate TikTok diantaranya Richard Lee sebagai kreator kecantikan, Mami Louisse sebagai Ratu Affiliator, dan Kohcun sebagai raja elektronik. 

Keunikan dari ketiga kreator affiliate ini didorong karena memiliki personal branding yang sama, yakni gemar memberikan informasi dan ulasan produk yang dikemas dalam konten yang kreatif. 

Manajemen TikTok mengatakan, selain mendorong para kreator mendapatkan penghasilan dengan TikTok Shop ini diharapkan juga bisa memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna dalam berbelanja, dengan menyediakan fitur pencarian produk, kemudahan proses check out, serta pengecekan pengiriman dalam satu aplikasi. 

Selain itu, harapannya, para pegiat usaha dari skala kecil hingga besar berkesempatan untuk meningkatkan penjualan secara langsung melalui kreasi video pendek dan aktivitas live streaming yang menarik.

Ke depannya, TikTok Shop berkomitmen untuk terus memberikan dukungan komprehensif kepada UMKM lokal, seperti pendampingan dalam orientasi, inkubasi, hingga berbagai program yang berkontribusi pada pertumbuhan bisnis mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×