kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,12   8,15   0.82%
  • EMAS974.000 0,72%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TLKM pastikan gedung data center di Cikarang akan rampung di akhir tahun 2021


Selasa, 07 September 2021 / 21:52 WIB
TLKM pastikan gedung data center di Cikarang akan rampung di akhir tahun 2021
ILUSTRASI. Telkom Indonesia. 


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten telekomunikasi, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) tengah memulai pembangunan data center skala besar berstandar global dengan sertifikasi tier 3 dan 4 yakni Telkom Hyperscale Data Center (HDC) di pertengahan tahun 2021. 

Tujuannya pembangunan data center yakni akan menjadi fondasi bisnis digital di masa depan dan membantu para startup dan perusahaan berskala mega player, global player, dan korporasi dari berbagai sektor khususnya dalam domain digital platform. 

Vice President Corporate TLKM, Pujo Pramono mengatakan lewat adanya HDC ini, TelkomGroup siap dan mampu untuk mengakomodasi kebutuhan digital di masa depan seperti edge computing, blockchain, teknologi 5G yang diresmikan komersialisasinya oleh Telkomsel pada akhir Mei lalu, dan kebutuhan lainnya.

“TelkomGroup telah memiliki 26 data center yang terdiri dari 5 data center internasional, 18 neuCentrIX serta 3 data center tier 3 dan 4. Total kapasitas mencapai 43MW,” jelas Pujo kepada Kontan.co.id, Selasa (7/9). 

Baca Juga: Emiten menara telekomunikasi semakin gencar ekspansi dan akuisisi

Adapun sampai dengan saat ini sedang dilakukan pembangunan tahap pertama yang membangun 1 gedung data center, powerhouse, dan gedung kantor dengan kapasitas 25MW yang diproyeksikan akan selesai pada akhir 2021. Sebagai informasi, bangunan itu memiliki seluas 65.000 meter persegi dengan total kapasitas mencapai 10.000 rack di Cikarang, Bekasi.

“Dengan tiga tahap pembangunan, total kapasitas hyperscale data center nantinya adalah 75 MW,” ujar dia. 

 

 

Sayangnya, dia sendiri tidak mengemukakan nominal investasi yang digelontorkan khusus pada bisnis cloud tersebut. Yang pasti, pembangunan data center ini merupakan bagian dari investasi jangka panjang perseroan. 

Tercatat, sampai dengan semester I-2021 data center menyumbang pendapatan sebesar Rp 713 miliar dari total pendapatan Telkom. Adapun jumlah itu juga tercatat tumbuh 11,7% YoY. “Kami memposisikan data center tidak hanya sebagai produk yang berdiri sendiri, namun juga sebagai digital platform, yaitu enabler atas berbagai layanan digital services lainnya,” tutup dia. 

Selanjutnya: Telkom (TLKM) menyiapkan Mitratel jadi perusahaan menara terbesar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×