kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Toba Bara bangun pabrik pengolahan kelapa sawit


Rabu, 19 Maret 2014 / 10:05 WIB
Toba Bara bangun pabrik pengolahan kelapa sawit
Asing Banyak Melego Saham-saham Ini Saat IHSG Menguat pada Perdagangan Kamis (27/10)


Reporter: Agustinus Beo Da Costa | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Perusahaan pertambangan batubara, PT Toba Bara Sejahtra Tbk (TOBA) semakin serius mengembangkan bisnis sawit hingga ke hilir. Setelah pada 19 Juni 2013 lalu mengakuisisi PT Perkebunan Kaltim Utama I, kini TOBA bersiap membangun pabrik kelapa sawit.

Untuk merealisasikan pembangunan pabrik di lokasi Kaltim Utama I itu, Toba Bara bakal mengalokasikan dana sekitar US$ 9 juta atau sekitar 38% dari total belanja modal tahun 2014 yang mencapai US$ 15 juta-US$ 24 juta.

Sekretaris Perusahaan Toba Bara Sejahtra Priambodo mengatakan, lahan milik Kaltim Utama I sebenarnya tumpang tindih antara sertifikat hak guna usaha (SHGU) perkebunan kelapa sawit milik Kaltim Utama I dengan dua anak usaha Toba Bara, yakni
PT Adimitra Baratama Nusantara dan PT Trisensa Mineral Utama (TMU).

Dia menyatakan, Kaltim Utama I memiliki potensi untuk dikembangkan mengingat terdapat lebih dari 2.896 hektare (ha) kelapa sawit yang telah ditanami dan sebagian telah menghasilkan. "SHGU ini luas lahannya 8.633 ha dan akan habis pada tahun 2036," ungkap Priambodo kepada KONTAN, Selasa (18/3).

Priambodo menyatakan, kelapa sawit dari perkebunan Kaltim Utama I ini akan memasok kebutuhan bahan baku untuk pabrik yang akan dibangun. Pabrik kelapa sawit ini nantinya akan mengolah tandan buah segar kelapa sawit yang berasal dari kebun Kaltim Utama I dan kebun lain di sekitarnya dengan kapasitas pabrik sebanyak 30 ton tandan buah segar per jam. "Rencananya, pabrik ini akan beroperasi penuh pada tahun 2015 mendatang. Kontribusi bagi pendapatan Toba Bara nantinya memang masih kecil jika dibandingkan dengan pendapatan perusahaan dari bisnis batubara," imbuh dia.

Sebelumnya, Toba Sejahtera juga sudah memiliki saham di perkebunan sawit seluas di Kalimantan lewat anak usahanya bernama PT Tritunggal Sentra Buana seluas 12.000 ha, dan juga sedang mengembangkan lahan sawit seluas 28.000 ha di Buton Utara dan Sumatra Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×