Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Situs e-commerce Tokopedia mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia lewat berbagai program untuk pengusaha lokal. Selama pandemi Corona, pelaku usaha yang sudah memiliki kanal pemasaran daring dinilai lebih tangguh.
Mereka berhasil membuat bisnis tetap berjalan sehingga lapangan pekerjaan pun tetap dapat dipertahankan.
CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya, menjelaskan, gerakan #BanggaBuatanIndonesia sejalan dengan misi Tokopedia dalam mencapai pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Selama hampir 11 tahun, Tokopedia konsisten hanya memfasilitasi transaksi domestik.
Baca Juga: Produk-produk yang paling diburu di Tokopedia sepanjang Maret 2020
“Artinya 100% penjual di Tokopedia berdomisili di Indonesia di mana 94%nya adalah penjual berskala ultra mikro. Saat ini, sudah ada hampir 8 juta masyarakat Indonesia yang telah memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia,” papar William dalam acara peluncuran gerakan #BanggaBuatanIndonesia secara virtual, Kamis (14/5).
Dukungan Tokopedia akan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia ini bertujuan mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM. Hal ini agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring, dapat segera beroperasi kembali dengan membuka kanal daring.
Salah satu program yang akan diusung Tokopedia untuk mendukung gerakan nasional ini adalah rangkaian webinar dan kelas daring bernama Obrolan Seller yang bisa diakses secara gratis.
Pegiat UMKM bisa mendapatkan pengetahuan terkait peningkatan kualitas produk hingga pemasaran. Mereka juga dapat berbagi inspirasi dan pengalaman dengan sesama pebisnis di Tokopedia melalui komunitas penjual ‘Keluarga Tokopedia’.
Selain itu, melalui pemanfaatan teknologi, Tokopedia memberikan fitur-fitur yang dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah mengembangkan usahanya.
Selama masa gerakan #BanggaBuatanIndonesia, Tokopedia akan menampilkan laman kurasi khusus produk lokal untuk menyediakan pilihan terbaik bagi para pembeli.
Baca Juga: Menkominfo dan Tokopedia segera disidang pasca digugat atas kebocoran data konsumen
Tokopedia juga akan terus bermitra dengan berbagai pihak agar mampu memberikan solusi bagi penggiat UMKM lokal. Misalnya dengan institusi keuangan untuk memberikan bantuan modal, salah satunya dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).
“Selain itu kami bergerak bersama komunitas dan pemerintah untuk menggagas terobosan aktivitas online,” tambah William.
Sebelumnya Tokopedia bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pariwisata menyelenggarakan program #SatuDalamKopi dan #RamadanBanggaLokal untuk mendukung pertumbuhan bisnis kopi dan fesyen muslim lokal.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News