kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tol Bogor Ring Road I Mulai Beroperasi Hari Ini


Senin, 23 November 2009 / 10:17 WIB
Tol Bogor Ring Road I Mulai Beroperasi Hari Ini


Sumber: KONTAN | Editor: Test Test

JAKARTA. Jika tak ada halangan, hari ini pemerintah bakal meresmikan pengoperasian Tol Bogor Ring Road (BORR) I. Pembangunan BORR tahap I yang meliputi ruas Sentul Selatan - Kedung Halang sepanjang 3,7 kilometer (km) memang telah rampung pada bulan ini. “Senin (23/11) sekitar pukul 10.00 WIB, peresmian akan dilakukan," kata Dirut PT Jasa Marga Tbk, Frans Sunito kepada KONTAN (22/11).

Dengan pengoperasian jalan tol BORR ini, maka jarak tempuh Bogor-Jakarta lebih cepat 15-20 menit. Sebab, masyarakat tak perlu lagi memutar jalan melewati Baranangsiang untuk masuk ke tol Jagorawi.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Nurdin Manurung, seperti dikutip Antara, BORR yang dibangun dengan dana Rp 1,6 triliun ini akan menggunakan sistem terbuka. Tarifnya, untuk golongan I sebesar Rp 3.000 atau Rp 4.000.

Frans masih enggan berkomentar tentang tarif Tol BORR itu. Ia berkilah draft tarif masih menunggu Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum. "Yang pasti kalau sudah mau beroperasi, tentu sudah ada tarifnya," ujarnya. Besaran tarif berkaitan dengan target kembali modal yang ditetapkan pengelola tol.

Berdasar pengalaman pada setiap proyek tol, imbuh Frans, masa balik modal terjadi setelah 15 tahun - 20 tahun, bergantung rencana bisnis.

Nah, Jasa Marga memegang konsesi Tol BORR selama 35 tahun. "Itu dalam kondisi normal dan sudah termasuk balik modal dan pelunasan pinjaman, belum untung," ujar dia.

Sekadar catatan, pemegang saham tol BORR adalah Jasa Marga (55%), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat, yakni PT Jasa Sarana (45%). Pendanaan untuk pembangunan ruas tol ini berasal dari tiga bank, yaitu Bank Mandiri (Rp 450,68 miliar), BNI (Rp 394,35 miliar), dan BRI (Rp 281,68 miliar. Adapun Jasa Marga menyetorkan dana Rp 480 miliar.

Setelah beroperasinya BORR I, pemerintah harus menyelesaikan pembangunan Tol BORR II yang menghubungkan Kedung Halang dengan Taman Yasmin Bogor. Kemudian dilanjutkan dengan BORR tahap III dengan rute Yasmin hingga Darmaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×