CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,12   -9,89   -0.97%
  • EMAS973.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tommy Soeharto via Mandala Permai buka rest area truk dengan teknologi terintegrasi


Rabu, 10 November 2021 / 11:34 WIB
Tommy Soeharto via Mandala Permai buka rest area truk dengan teknologi terintegrasi
ILUSTRASI. Tommy Soeharto lewat Mandala Permai buka rest area truk yang dilengkapi teknologi terintegrasi 4.0. Ini kelebihanya KONTAN/Muradi/2018/10/17


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Tommy Soeharto, lewat PT Mandala Pratama Permai bekerjasama dengam PT Bintang Baru Raya (BRR) Logistik masuk bisnis rest area yang diklaim menjadi rest area 4.0 di Cikampek, Karawang. 

Rest area ini mengusung nama: Mandala Pratama Dawuan ini diklaim menjadi rest area pertama untuk truk dengan sistem digital terintegrasi di Indonesia.
Presiden Direktur PT BBR Logistik Tata Djuarsa menyebut, proyek Rest Area 4.0 ini bekerja sama dengan Kawasan Industri PT Mandala Pratama Permai milik Tommy Soeharto.  

"Rest Area ini di tepian Jalan Tol Cikampek bersistem digital untuk truk yang pertama di Indonesia," tulisnya dalam rilisnya, Rabu (10/11).

Baca Juga: Mahfud MD sebut tanah milik Tommy Soeharto seluas 124 ha disita negara  

Tergabung dalam Mandala Pratama Rest Area Modern, BBR Logistik dan PT Mandala Pratama Permai menyediakan pul terpadu bagi pengusaha truk. 

Di rest area tersebut, antara lain tersedia: tempat istirahat supir, pusat pelatihan untuk rekrutmen dan pelatihan bagi calon sopir logistik yang kemudian akan disalurkan ke mitra PT BBR Logistik dan PT Global Putra Internasional (GPI). 

Di sana juga tersedia, fasilitas bengkel multi brand, penyediaan sparepart, food court, dan berbagai lain. “Dengan fasilitas tersebut, para supir diharapkan dapat bekerja dengan baik, mempertimbangkan aspek keselamatan kerja, serta bisa menyiapkan unit kerjanya (truk) sebelum melakukan muat," terangnya dalam rilis.

Rest area ini juga akan dilengkapi dengan sistem IT untuk mengontrol keluar masuk truk, sehingga terkoneksi dengan pengguna jasa truk untuk melakukan pendaftaran online.

Bukan hanya itu saja. Rest area ini juga menyiapkan fasilitas parkir yang  luas serta menyediakan warehouse bagi mitra. 
Perusahaan juga menyebut memfasilitasi perusahaan atau pengusaha truk perseorangan yang tergabung dengan sistem manajemen transportasi.

Secara teknis, Mandala Pratama rest area modern ini juga mampu memberikan order muatan bagi pengusaha truk yang bergabung dalam perusahaan ini. 

Agar efisien dengan menerapkan sistem tagihan secara otomatis berdasarkan data order yang dicatat di sistem, sehingga supir dapat langsung melihat berapa nilai uang jalan dan pekerjaan yang ditetapkan oleh admin kantor melalui aplikasi handphone. 

 

Kemudian, admin kantor akan mendapatkan dokumen tanda terima juga secara elektronik, sehingga bisa membuat tagihan tanpa menunggu mobil kembali.

Lalu, perusahaan juga menerapkan sistem transparansi data, antara lain pengumpulan berbagai data kendaraan (data maintenance, utilisasi kendaraan, biaya-biaya operasional, laba atau rugi per kendaraan, serta metric kendaraan  secara real-time, sehingga para pengusaha truk yang bergabung dapat melakukan maintenance dengan tepat.

Direktur PT Mandala Pratama Permai Muhammad Saugi menambahkan dengan adanya terminal ini akan  bisa melengkapi sarana yang dibutuhkan kawasan industri. 

Dengan teknologi informasi, fasilitas angkutan akan menjadi lebih efisien dan semakin menjangkau wilayah yang lebih luas. 

Selain itu, PT Mandala Pratama juga sedang melakukan pembangunan Pasar Induk untuk mendukung logistik pangan, serta pengolahan air untuk keperluan tenant kawasan industri," ujar Saugi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×