kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45957,11   6,96   0.73%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Toyota Astra Motor (TAM) Sebut Mobil Segmen SUV Punya Prospek Menjanjikan


Jumat, 21 Januari 2022 / 20:13 WIB
Toyota Astra Motor (TAM) Sebut Mobil Segmen SUV Punya Prospek Menjanjikan
ILUSTRASI. Petugas membersihkan kendaraan yang dipamerkan di booth Toyota pada pameran otomotif IIMS Hybrid 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (16/4/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) melihat prospek mobil di segmen SUV cukup menjanjikan untuk ke depannya. Optimisme ini didasari oleh pertumbuhan kontribusi SUV secara nasional yang menunjukkan hasil positif dalam dua tahun terakhir. 

"Untuk prospeknya kami lihat perkembangan pasar segmen SUV secara nasional cukup baik ya. Dilihat dari dua tahun terakhir tampak segmen ini kontribusinya secara total 26%," ungkap Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, kepada Kontan.co.id, Jumat (21/1). 

Meskipun secara kontribusi market nasional MPV masih berkontribusi paling besar, yakni berada di level 33%. Namun, secara perkembangan, SUV memiliki market yang cukup prospektif. Ditambah, lanjutnya, pilihan model SUV tidak hanya dimiliki oleh Toyota saja, melainkan ditawarkan juga oleh berbagai agen pemegang merek (APM) lain. 

"Apalagi kalau dilihat rata-rata brand punya model SUV. Bahkan bisa menjadi pilihan selain segmen lain karena secara model semakin menarik, kapasitas juga banyak yang tujuh seater," jelas Anton. 

Baca Juga: Gaikindo Targetkan Penjualan Mobil Baru Sebanyak 900.000 Unit Tahun Ini

Nah, faktor-faktor di atas, disebut Anton sebagai pemicu pertumbuhan dari market SUV ini, karena semakin banyak pilihan, maka marketnya juga akan kian tertarik. 

Untuk Toyota sendiri, di tahun 2021, kontribusi segmen SUV bertumbuh dari semula 26% menjadi 33%. "Tapi segmen MPV masih menjadi kontributor terbesar dengan menyumbang 53% dari total penjualan," sambungnya. 

Kontributor SUV terbesar di 2021 datang dari Toyota Rush dengan penjualan di level 51,000 unit, disusul Fortuner di level 22,000 unit, dan pendatang baru Raize di posisi ketiga dengan total 20,000 unit terjual pada tahun lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×