kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,51   5,16   0.56%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Toyota Bertekad Pertahankan Posisi Sebagai Pemimpin Pasar Otomotif di Tahun Ini


Senin, 10 Januari 2022 / 17:24 WIB
Toyota Bertekad Pertahankan Posisi Sebagai Pemimpin Pasar Otomotif di Tahun Ini
ILUSTRASI. Pengunjung mengamati New Avanza jadi salah satu penyumbang utama penjualan Toyota di 2021


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) optimistis dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar otomotif Indonesia di tahun 2022.

Sebagai informasi, selama periode Januari-Desember 2021, penjualan mobil Toyota dari pabrikan ke dealer (wholesales) mencapai 295.768 unit dengan torehan pangsa pasar (market share) 33,3%. Hasil ini jauh melebihi periode yang sama di tahun sebelumnya di mana penjualan mobil Toyota berada di level 161.256 unit dengan market share 30,3%.

Model terlaris Toyota di tahun 2021 adalah Avanza dan Veloz yang mana kombinasi penjualan keduanya mencapai 67.109 unit. Avanza menyumbang penjualan sebesar 40.777 unit sedangkan Veloz sebesar 25.322 unit.

Untuk single brand, terdapat Toyota Rush yang mencetak penjualan sebanyak 52.533 unit di tahun 2021, kemudian diikuti oleh Innova sebanyak 49.745 unit. Selain itu, penjualan Toyota Calya tercatat sebanyak 35.375 unit sementara Fortuner terjual sebanyak 23.385 unit di tahun lalu.

Baca Juga: Tutup Tahun 2021, Penjualan Mobil Nasional Melesat Di Atas 800.000 Unit

“Di tahun 2022 harapannya pasar tumbuh lebih positif dan kami bisa mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar,” ungkap Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, Senin (10/1).

Pihak TAM belum bisa membeberkan dampak belum dipastikannya kelanjutan insentif PPnBM sektor otomotif di tahun ini. Sebab, dampak kebijakan tersebut berbeda-beda di tiap model maupun segmen kendaraan bermotor.

Toyota pun berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mendorong pasar otomotif agar tumbuh lebih baik dengan produk-produk baru, baik konvensional maupun berbasis elektrifikasi. Toyota juga akan mengoptimalkan program-program penjualan yang lebih sesuai dengan tren masa kini, termasuk memaksimalkan digitalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×