Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Rizki Caturini
JAKARTA. Persaingan pasar otomotif yang makin sengit menyebabkan tahun ini Toyota memasang target pangsa pasar atawa market share lebih rendah dibanding tahun lalu. Sampai akhir November 2016, pangsa pasar Toyota mencapai 36,5%. Prediksinya pangsa pasar Toyota di 2016 diprediksi di kisaran 36%.
Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, mengatakan, untuk tahun ini pihaknya hanya menargetkan pangsa pasar minimal sebesar 35%. Ini lebih rendah dari target tahun 2016 karena melihat persaingan di sektor otomotif yang kian sengit. "Kami mempertimbangkan dinamika kompetisi di pasar," ujarnya kepada KONTAN, Selasa (10/1).
Henry mengatakan, jualan Toyota di 2016 sebanyak 389.241 unit. Untuk tahun ini segmen yang mendominasi penjualan Toyota diprediksi adalah model MPV, hatchback, dan SUV. Supaya bisa bertahan di tengah persaingan pasar, Toyota menyiapkan sejumlah strategi. Pertama, menyediakan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan.
Kedua, menjaring pelanggan dengan menambah outlet di daerah. "Kami akan menambah 10 outlet yang fokus di daerah tingkat dua untuk mendekatkan diri ke pelanggan," ujar Henry. Terakhir, Toyota meningkatkan pelayanan untuk pelanggan dengan memberikan kualitas layanan purna jual yang lebih baik.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News