kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,93   -7,32   -0.73%
  • EMAS1.138.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Toyota Indonesia Recall Lima Model Mobil Ini


Selasa, 13 Februari 2024 / 14:32 WIB
Toyota Indonesia Recall Lima Model Mobil Ini
ILUSTRASI. PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan recall atau pemanggilan unit kembali untuk dilakukan perbaika. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan recall atau pemanggilan unit kembali untuk dilakukan perbaikan. Kali ini, recall ditujukan langsung kepada lima model sekaligus.

Kelima model tersebut adalah Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross. Namun, tidak semua unit yang terdampak. Unit yang terkena recall hanyalah unit yang diproduksi pada periode tertentu.

Untuk Sienta, tahun produksi Juni 2016 hingga April 2020, diminta untuk datang ke bengkel resmi Toyota untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan pada Front Garnish Pillar Clip, yang berada di pilar depan (pilar A).

Disebutkan bahwa Toyota melihat adanya potensi kebocoran air pada pilar depan, karena performa sealer yang kurang maksimal.

Baca Juga: Indonesia Berupaya Maksimalkan Peluang Ekspor Kendaraan Komersial

Hal ini berisiko mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu, seperti pada sliding door electric, apabila tidak segera diperbaiki.

Sedangkan untuk Avanza dan Veloz, dengan tahun produksi November 2022, bermasalah pada Front Door Side Impact Beam yang kurang sempurna pemasangannya. 

Apa bila tidak segera diperbaiki strukturnya, perangkat keselamatan tersebut berisiko tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan mengurangi perlindungan yang optimal saat terkena benturan dari samping.

Kemudian, ditemukan juga adanya kemungkinan masalah pada Front Shock Absorber Nut, pada beberapa model, seperti Veloz (tahun produksi Oktober 2021 hingga Agustus 2023), Avanza (tahun produksi November 2021 hingga September 2023), Vios (tahun produksi Juni 2022 hingga Agustus 2023), dan Yaris Cross (tahun produksi Mei 2023 hingga September 2023).

Disebutkan bahwa instruksi pengencangan tidak tepat dan dapat membuat mur menjadi kendur. Sehingga, akan menimbulkan suara yang tidak normal atau bahkan terlepas dan mengakibatkan kestabilan kendaraan hilang ketika sedang melaju.

Baca Juga: Penjualan Mobil Listrik Nasional Capai 17.000 Unit di Tahun 2023

Henry Tanoto, Wakil Presiden PT TAM, mengatakan, pihaknya memohon maaf kepada pelanggan atas kondisi tidak nyaman untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan perbaikan komponen model tertentu.

"Program recall ini merupakan wujud komitmen Toyota untuk mengutamakan keamanan dan kenyamanan pelanggan," ujar Henry, dalam keterangan resminya, Selasa (13/2/2024).

"Dengan segala kerendahan hati, kami mengimbau kepada pelanggan agar segera mengecek apakah mobilnya masuk ke dalam daftar unit yang mendapatkan recall, agar segera dapat melakukan proses perbaikan pada komponen tersebut di bengkel resmi Toyota tanpa ada biaya apa pun," kata Henry.

Henry menambahkan, recall mungkin terdengar negatif bagi sebagian orang. Tapi, Toyota melihatnya sebagai bentuk kaizen (peningkatan lebih lanjut) atas kondisi kendaraan dan tanggung jawab atas produk yang dimiliki konsumen.

"Meskipun sudah beberapa tahun di tangan pelanggan, ketika ditemukan adanya ketidaksesuaian dari produk yang telah dipasarkan ke masyarakat, terutama yang berkaitan dengan keselamatan, Toyota akan segera melakukan perbaikan yang dibutuhkan," ujar Henry.

"Patut dicatat pula bahwa aktivitas ini bukan disebabkan keluhan pelanggan, tapi proses rutin monitor kualitas yang kami lakukan menemukan adanya ketidaksesuaian yang harus segera ditangani," kata Henry.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Indonesia Recall Avanza, Veloz, Vios, Sienta dan Yaris Cross"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×