Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. Diskon besar di level ritel sanggup mendongkrak penjualan mobil Toyota, Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo menjelaskan, telah menjadi kewajiban TAM memastikan suplai unit dari pabrik ke dealer tetap sehat.
Dijelaskan saat ini pasokan unit dari pabrik ke dealer (wholesales) seimbang. Namun ada kemungkinan berubah bila minat masyarakat membeli Toyota meningkat karena digoda diskon besar.
Sebelumnya, salah satu kelompok dealer Toyota, Auto2000, menggelar diskon mulai 11 Agustus 2014. Rata-rata diskon di atas Rp 10 juta, dan angka terbesar mencapai Rp 35 juta.
“Tentunya aktivitas penjualan seluruhnya ada di tangan dealer. Pertimbangan mereka lebih banyak, seperti diskon mereka yang putuskan. TAM memastikan semua kebutuhan terpenuhi walaupun ketersediaan unit tidak sama pada setiap model,” terang Samulo, di Jakarta, Jumat (15/8).
TAM menentukan harga dasar setiap model yang dipasarkan di Indonesia, namun tidak mengendalikan keringanan pembelian konsumen di dealer. “Kita tidak bisa membicarakan diskon karena itu ditentukan masing-masing dealer,” jelas Samulo.
TAM berpandangan, diskon besar tidak selalu berpengaruh pada resale value model. Menurut Samulo, angka penjualan lebih banyak dipengaruhi citra merek. (Febri Ardani Saragih)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News