Sumber: Kompas.com | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Toyota Astra Motor (TAM) memandang pasar otomotif 2015 tidak berbeda jauh dari pencapaian tahun lalu. Target merek terlaris di Indonesia ini pun hanya sedikit naik dari total penjualan 2014, yakni menyentuh 400.000 unit.
“Kami melihatnya (pasar 2015) flat, sama seperti 2014, walaupun kita juga meyakini ada hal-hal positif. Targetnya 400.000 unit minimum, mudah-mudahan bisa lebih,” ujar Wakil Presiden Direktur TAM Suparno Djasmin, di Jakarta, Senin (19/1).
Pria yang akrab dipanggil Abong ini menjelaskan maksud hal positif. Penjualan domestik dipengaruhi inflasi, kurs mata uang, suku bunga, dan pertumbuhan Gross domestic product (GDP), kalau faktor-faktor global ini stabil maka diperkirakan pasar 2015 akan stagnan. “Tapi bila lebih baik, kemudian ditambah kepercayaan diri masyarakat untuk belanja lebih tinggi, ya mudah-mudahan market akan membaik sedikit,” tambah Abong.
Total pasar 2014 mencapai 1.208.019 unit, Toyota meraup 33 persen atau 399.119 unit. Meski pangsa pasar turun 2,3 persen, Toyota masih kokoh di puncak daftar merek terlaris dan belum mampu didekati merek lain.
“Kita akan manage portfolio produk. Menawarkan produk yang tepat untuk masyarakat Indonesia, istilahnya good value for money. Selain itu pendalaman segi pelayanan dan kualitas jaringan pemasaran terdiri dari sales, spare part, service. Minimum kita tambah 10 outlet setiap tahun,” tutup Abong. (Febri Ardani Saragih)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News