kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Toyota Raih 2.540 SPK Selama Gelaran IIMS 2024


Rabu, 28 Februari 2024 / 09:33 WIB
Toyota Raih 2.540 SPK Selama Gelaran IIMS 2024
ILUSTRASI. PT Toyota-Astra Motor (TAM) memulai tahun 2024 dengan catatan penjualan yang positif dari pameran IIMS 2024./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/21/02/2024.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Toyota-Astra Motor (TAM) memulai tahun 2024 dengan catatan penjualan yang positif dari pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Penjualan Toyota di IIMS 2024 naik 30% menjadi 2.540 surat pemesanan kendaraan (SPK), dibandingkan tahun sebelumnya yakni 1.947 SPK. Capaian ini didorong oleh peningkatan penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) yang dimotori oleh Kijang Innova Zenix HEV yang mencatat 411 SPK, atau berkontribusi terhadap 16,2% dari total keseluruhan pesanan mobil baru Toyota.

Toyota Avanza dengan 380 SPK (15%) menempati posisi ke-2 yang diikuti Yaris Cross HEV di posisi ke-3 dengan 217 SPK (8,5%). Veloz dengan 190 SPK (7,5%) dan Kijang Innova Zenix Gasoline dengan 180 SPK (7,1%) kemudian menyusul di posisi ke-4 dan ke-5.

Vice President Director Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menyampaikan rasa terima kasih atas    kepercayaan pengunjung IIMS 2024 yang telah memilih kendaraan Toyota yang didukung mobility ecosystem komplit dan lengkap.

Baca Juga: Pasar Otomotif Melambat di Awal 2024

Dengan Multi Pathway Strategy, Toyota menyediakan pilihan kendaraan elektrifikasi (xEV) yang semakin diterima semua segmen masyarakat, mulai dari kebanggaan lokal Yaris Cross HEV dan Kijang Innova Zenix HEV, hingga All New Vellfire HEV yang launching di gelaran ini.

"Raihan SPK Toyota di ajang IIMS 2024 naik sekitar 30% dari IIMS 2023. Pencapaian ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif terutama kendaraan elektrifikasi akan tumbuh semakin kuat ke depannya sekaligus mendorong roda perekonomian negara,” ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (27/2) malam.

Dominasi raihan 411 SPK Kijang Innova Zenix HEV yang memimpin performa penjualan Toyota di ajang IIMS layaknya mampu merefleksikan apresiasi masyarakat terhadap model elektrifikasi secara umum dan Kijang secara spesifik. Animo masyarakat yang besar terhadap Medium MPV yang canggih dan modern ini, diperkuat gelar Car of The Year dari berbagai media ternama di tahun 2023 silam.

Di samping tentunya DNA Toyota Kijang dari sisi fungsionalitas, ketangguhan, dan keandalan berkendara yang tetap dapat diwarisi dengan baik. Ditambah lagi garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km untuk menghadirkan peace of mind bagi penggunanya. Catatan resale value model-model elektrifikasi Toyota juga cenderung tinggi, dan bahkan pada beberapa model lebih baik dibanding varian bermesin bensinnya.

Sempat mengundang perhatian Presiden Joko Widodo saat opening ceremony IIMS 2024, Yaris Cross HEV siap menjadi kekuatan baru kendaraan elektrifikasi Toyota dengan 217 SPK. Cross SUV produksi anak bangsa ini, menggunakan hybrid powertrain yang 40% - 50% lebih efisien dari kendaraan bermesin bakar konvernsional dengan konsumsi bensin mencapai 31 km/liter, yang juga berarti emisinya sangat rendah mengingat mesin bensin kian jarang beroperasi.

Ditilik dari penjualan xEV Toyota di event IIMS 2024, selain Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV, pendatang baru All New Vellfire HEV langsung mencatatkan penjualan dengan 55 SPK bersama saudaranya Alphard HEV yang mendapatkan 57 SPK.

Alhasil, jika ditotal bersama HEV Toyota lainnya, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota di pameran skala internasional ini mencapai 762 SPK atau sekitar 30% dari total SPK Toyota. Hal itu juga berarti meningkat 5 kali lipat dari SPK xEV Toyota di IIMS tahun lalu di angka 150 SPK.

Penjualan kendaraan ICE Toyota yang sangat diminati masyarakat juga tampil menjanjikan di pameran ini dilihat dari tingginya SPK Avanza, Veloz, Raize, dan Kijang Innova Zenix Gasoline.

Bermodalkan ekosistem mobilitas Toyota dengan fasilitas dan layanan terbaik, berbagai program sales dan after sales di gelaran IIMS kali ini berhasil membuat pelanggan tetap percaya kepada produk Toyota di tengah gempuran banyak pendatang baru. TAM juga memperkenalkan premium oil TMO TGRI Motor Oil 0W-20 SP untuk pecinta performance car khususnya GR Family dan TGR Injector Cleaner Gasoline untuk menjaga performa mesin mobil Toyota.

Baca Juga: Toyota Indonesia Recall Lima Model Mobil Ini

Complete Mobility Ecosystem yang ditampilkan oleh TAM di ajang IIMS 2024 berbuah manis berupa penghargaan atas berbagai jenis mobility solution yang dipajang sesuai segmen dan kebutuhan pelanggan. Berikut daftar kendaraan Toyota yang mendapatkan penghargaan di event IIMS 2024:

- Best Medium MPV      : Kijang Innova Zenix

- Best Premium MPV     : All New Vellfire HEV

- Best Hatchback       : GR Corolla

- Best Commercial Vehicle     : Hilux Rangga

Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmy Suwandy menambahkan, komitmen Toyota untuk menghadirkan Total Mobility Solution yang sesuai kemampuan pelanggan beserta ekosistem pendukung yang lengkap dan terpercaya diyakini mampu memaksimalkan kepuasan pelanggan sehingga meningkatkan loyalitas kepada mobility solution Toyota.

"Sejalan kampanye It’s Time For Everyone, Toyota akan menghadirkan lebih banyak lagi kendaraan elektrifikasi di masa depan guna mendukung partisipasi masyarakat yang lebih luas untuk mencapai netralitas karbon dan menghadirkan ever-better cars,” tutup dia.
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×