kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Toyota Resmi Memulai Produksi Mobil Hybrid di Indonesia


Senin, 21 November 2022 / 13:43 WIB
Toyota Resmi Memulai Produksi Mobil Hybrid di Indonesia
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang hadiri peluncuran produksi perdana Toyota Innova Zenix di Karawang, Jawa Barat (21/11/2022).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - KARAWANG. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi memulai produksi lokal mobil hybrid, Toyota Innova Zenix, di pabrik yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

CEO of Asian Region Toyota Motor Asia Pacific Hao Quoc Tien menyampaikan, pihaknya merasa bangga karena model Toyota Kijang Innova yang sudah eksis di Indonesia sejak 1977 terus berkembang dari waktu ke waktu dan kini hadir bentuk kendaraan hybrid.

Model ini pun tak hanya menjadi tulang punggung penjualan Toyota di pasar domestik, melainkan telah merambah ke pasar ekspor lebih dari 50 negara di seluruh dunia.

"Kami sangat mendukung upaya transisi energi bersih di Indonesia melalui produksi lokal Innova," kata Hao, Senin (21/11).

Baca Juga: Toyota Resmi Hadirkan Mobil Listrik All New bZ4X untuk Pasar Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan, keberadaan fasilitas produksi Toyota Innova Zenix Hybrid merupakan bagian dari komitmen Toyota yang berinvestasi sebesar US$ 2 miliar dalam 5 tahun ke depan. Hal ini juga menjadi langkah awal Toyota untuk benar-benar masuk ke era kendaraan listrik di pasar Indonesia.

"Kami harap Toyota akan terus mengembangkan produksi model berbasis elektrifikasi lainnya, baik itu SUV, MPV, dan lain sebagainya," imbuh dia.

Airlangga juga menyebut, nantinya Toyota Innova Zenix Hybrid tak hanya fokus dijual di pasar domestik. Model ini diharapkan dapat segera diekspor ke berbagai negara seperti Asia Tenggara, Timur Tengah, ataupun Amerika Selatan.

"Pemerintah ingin supaya Toyota dapat menjadikan Indonesia sebagai hub produk ekspor," kata dia.

Baca Juga: Sektor Otomotif Diramal Masih Akan Melaju hingga Akhir Tahun

Pemerintah pun terus mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik Indonesia melalui berbagai insentif yang tertera di Perpres No 55/2019 dan PP No 74/2021. Investasi pengembangan kendaraan listrik oleh pabrikan otomotif juga terus didorong oleh pemerintah.

Dengan keberhasilan Toyota dalam memulai produksi kendaraan hybrid, Airlangga bilang sudah ada tiga pabrikan otomotif nasional yang mampu memproduksi kendaraan elektrifikasi. Dalam catatan Kontan, selain Toyota, ada Hyundai dan Wuling yang memiliki fasilitas produksi mobil listrik di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×