Reporter: Nadia Citra Surya | Editor: Test Test
JAKARTA. PT Toyota Astra Motor-Lexus Indonesia (TAMLI), ATPM yang mengusung merek Lexus meluncurkan varian sedan mewah The All New Lexus LS600h L berkapasitas mesin 5.000 cc. Untuk varian mewah baru tersebut, TAMLI menargetkan penjualan sebanyak 20 unit di tahun ini.
Marketing Communiation Manager Toyota Astra Motor (TAM) Ahmad Rizal mengaku target tersebut telah memperhitungkan kondisi yang ada. "Pasar memang tak banyak, namun kami sudah punya perhitungan berapa jumlah minimal yang harus terjual," ujar Rizal, Selasa (16/2).
Rizal sendiri mengaku tak kuatir isu recall yang sempat mendera Lexus di pasaran global akan mempengaruhi penjualannya. "Varian yang ditarik tak ada di Indonesia, lagipula kesalahan yang menyebabkan recall tersebut bukan berasal dari pabrikan namun bengkel custom yang memasang karpet," cetus Rizal.
Dikelas upper segment dengan teknologi hybrid, LS 600h L ini memang tak memiliki pesaing. Namun berdasarkan penggolongan Gaikindo, sedan terbaru Lexus ini bakal berhadapan dengan BMW 7 series yang juga mengusung mesin 3.000cc hingga 5.000cc
Corporate Communication Director BMW Indonesia, Helena Abidin mengatakan segmen mobil sedan kelas premium justru merupakan segmen paling potensial. "Dengan kemapanan ekonomi yang dimiliki, mereka selalu tertarik mengejar kendaraan yang sesuai dengan status yang disandangnya," kata Helena.
Tahun 2010 ini Helena yakin pasar akan terus membesar. Optimisme tersebut didorong fakta angka penjualan BMW 7 series yang Januari ini telah terjual 10 unit. Padahal BMW pun mematok kisaran harga Rp 2,12 miliar hingga Rp 2,599 miliar untuk generasi kelima sedan premiumnya.
Data Gaikindo mencatat, sedan segmen teratas ini mencapai total pasar sebesar 556 unit. Kontribusi varian Lexus di segmen tersebut mencapai 228 unit dan varian BMW 52 unit. Sisanya adalah Mercy S-Class dan Audi masing-masing dengan 261 unit dan 8 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News