kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45957,11   6,96   0.73%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Transaksi Melonjak 80%, Blibli Ajak Pelanggan Berpartisipasi Daur Ulang Sampah


Kamis, 28 April 2022 / 22:45 WIB
Transaksi Melonjak 80%, Blibli Ajak Pelanggan Berpartisipasi Daur Ulang Sampah
ILUSTRASI. Program daur ulang sampah kemasan plastik dan kardus Blibli


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tradisi berbelanja dan saling mengirim bingkisan untuk keperluan Lebaran menjadi kebiasaan yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Kondisi ini juga terlihat pada meningkatnya transaksi di Blibli hingga lebih dari 80% dibandingkan hari biasa.

Hal tersebut juga akan meningkatkan jumlah sampah dari paket-paket belanja, baik secara online maupun offline. Di tengah momentum menjelang Lebaran Idul Fitri yang bertepatan dengan peringatan Hari Bumi, Blibli kembali mengajak pelanggannya untuk berpartisipasi dalam program Blibli Cinta Bumi.

VP of Public Relations Blibli, Yolanda Nainggolan menjelaskan bahwa program Blibli Cinta Bumi sudah diinisiasi sejak awal tahun 2020. Program ini ingin mengajak pelanggan Blibli berpartisipasi aktif untuk mengurangi sampah, dengan mengembalikan kemasan kardus dan plastik melalui kurir BES.

Baca Juga: Pelanggan Blibli Bisa Tukar Plastik dan Dus Bekas jadi Poin Rewards, Begini Caranya

Sampah yang dikembalikan tersebut kemudian didaur ulang menjadi kardus baru atau paper filler dalam proses pengemasan. Menurut Yolanda, gerakan Blibli Cinta Bumi ini menunjukkan pertumbuhan signifikan pada partisipasi pelanggan.

Jumlah sampah kemasan yang dikembalikan pelanggan pada kuartal pertama 2022 bertumbuh hingga lima kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Yolanda menyebut, meningkatnya partisipasi pelanggan dalam program Blibli Cinta Bumi menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan.

"Hal ini menjadi apresiasi sekaligus motivasi bagi Blibli untuk secara konsisten terus mengembangkan program Blibli Cinta Bumi. Kami juga akan terus memfasilitasi pengembalian kardus dari pelanggan dengan jangkauan lebih luas lagi," kata Yolanda dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (28/4).

Yolanda menambahkan, aktivitas ini juga merupakan gerakan untuk mengajak pelanggan menerapkan daya hidup 6R. Yakni Reduce, Reuse, Recycle, Refuse, Remove, dan Rally, untuk melengkapi aksi mengurangi sampah kertas dan plastik dalam menjaga kelestarian bumi.

Sebagai omnichannel commerce platform yang menerapkan prinsip berkelanjutan, Blibli mengimbau pelanggan untuk dapat mengembalikan sampah kardus melalui kurir BES atau mengantar ke lokasi drop off yang tersebar di Jabodetabek. Selanjutnya, akan di-recycle atau upcycle menjadi barang dengan kemanfaatan baru.

Baca Juga: Blibli dan NBA Perpanjang Kemitraan Resmi NBAStore di Indonesia

Program Blibli Cinta Bumi menyediakan beberapa lokasi drop off sampah kemasan di beberapa wilayah Jabodetabek, yaitu: Gedung Slipi (Blibli Office), Gedung Slipi 2 (Djarum), Blibli Return Center Cawang, WTC Mangga Dua, Gedung Sarana Jaya, dan BSD Junction.

"Mengembalikan kardus dan plastik bekas kemasan untuk dapat didaur ulang sebagai produk dengan kemanfaatan baru akan memberikan nilai tambah pada sampah tersebut. Secara tidak langsung hal ini juga berkontribusi pada rasa memiliki dan apresiasi diri karena ikut berperan dalam aksi cinta bumi," tandas Yolanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×