Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di era digital, hubungan antara brand dan pelanggan tidak hanya bergantung pada kualitas produk tetapi juga pada kemampuan brand memahami kebutuhan pelanggan secara mendalam dan memberikan pengalaman yang relevan.
Menyadari itu, Transcosmos Indonesia (TCID) menyediakan layanan mengoptimalkan engagement dengan konsumen melalui transCDP untuk Dapur Umami, platform digital Ajinomoto Indonesia, TransCDP merupakan teknologi Customer Data Platform (CDP) dan Customer Engagement Platform (CEP).
CDP memungkinkan brand mengumpulkan, menyatukan, dan membersihkan data pelanggan dari berbagai sumber seperti website, media sosial, dan platform e-commerce. Dengan data ini, brand dapat mengidentifikasi leads berkualitas dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.
Sementara CEP mengoptimalkan data yang dianalisis oleh CDP untuk menciptakan komunikasi yang personal dan konsisten di berbagai saluran. Dengan CEP, brand dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, memberikan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Baca Juga: 55 Tahun Ajinomoto Terus Hadirkan Dampak Positif bagi Indonesia
Vice President Director Transcosmos Indonesia Ardi Sudarto mengatakan pendekatan berbasis data adalah kunci untuk memahami dan melibatkan pelanggan secara efektif di era digital. “Dengan menggabungkan CDP dan CEP lewat transCDP, kami memberikan solusi yang memungkinkan brand membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka,” kata Ardi dalam keterangannya, Jumat (7/2).
Dengan pemanfaatan teknologi CDP dan CEP, Dapur Umami dapat memahami kebutuhan konsumennya lebih dalam, memberikan rekomendasi yang lebih personal, serta menciptakan interaksi yang lebih relevan di berbagai kanal digital.
Angga Marthadhi Putra, Owned Media Communications Manager Ajinomoto Indonesia menyampaikan Integrasi CDP dan CEP yang dilakukan Dapur Umami dilakukan untuk mengapresiasi konsumen yang membeli produk-produk Ajinomoto Indonesia yang berkualitas dan mendapatkan manfaat lebih melalui Dapur Umami di era digital.
Dia menegaskan bahwa Ajinomoto akan terus memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen sambil tetap berpegang pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Baca Juga: Dukungan Digitalisasi untuk Pelaku UMKM
Integrasi antara CDP dan CEP membuka peluang besar bagi brand untuk menggabungkan analisis data mendalam dengan strategi komunikasi terarah, menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih menyeluruh. Dengan pendekatan ini, brand dapat memaksimalkan nilai setiap interaksi pelanggan, mempererat hubungan, dan meningkatkan revenue.
Melalui integrasi CDP dan CEP ini, rata-rata jumlah member pengguna aktif di platform web Dapur Umami naik 31% di periode September sampai Januari dibanding periode sebelumnya.
Dengan adanya pemanfaatan teknologi CDP dan CEP, kampanye-kampanye yang dilakukan Ajinomoto dapat menjangkau target audience yang lebih tepat dan memberikan dampak yang lebih luas, selaras dengan visi Ajinomoto Indonesia dalam mendukung kesehatan dan keberlanjutan lingkungan.
Selanjutnya: Adhi Commuter Properti dan JECA Teken Akta Jual Beli Lot Soho di Adhi City Sentul
Menarik Dibaca: Tambah Cuan Dengan Modal Mini, Berikut Ide Usaha di Tahun 2025
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News