kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TRON digitalisasi transportasi umum Bekasi


Selasa, 13 Agustus 2019 / 16:57 WIB
TRON digitalisasi transportasi umum Bekasi
ILUSTRASI. Tron aplikasi untuk angkutan umum


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal penyediaan sarana transportasi, PT Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON) mendorong digitalisasi dalam pelayanan angkutan umum di Kota Bekasi, Jawa Barat. TRON akan menjadi aplikasi pemesan angkutan kota TransPatriot.

Hal ini diketahui usai kerja sama TRON dengan BUMD, Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) dan operator TransPatriot, PT Priatman Sarana Abadi (PSA) yang dilakukan beberapa waktu lalu. Sebelumnya, TRON juga meluncurkan aplikasi ride sharing angkutan kota online di Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Pengamat: Kemenhub fokus saja perbaiki transportasi massal

“Setelah layanan TRON untuk Angkot di Bekasi berjalan dengan lancar maka kami sangat bangga untuk mengumumkan kerjasama TRON dengan TransPatriot. Kerjasama ini merupakan ekspansi dari Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) yang berkerjasama dengan operator PT Priatman Sarana Abadi (PSA) di dukung dengan teknologi TRON,” ujar CEO TRON David Santoso, dalam siaran pers, Rabu (13/8).

David pun menambahkan bahwa kerjasama yang dilakukan oleh TRON dengan Bus TransPatriot Bekasi akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, total Bis TransPatriot yang beroperasi sebanyak 20 Bis dan targetnya untuk menyediakan layanan TRON di seluruh Bis TransPatriot.

“Diharapkan dengan adanya kemudahan dari TRON untuk Bis TransPatriot maka minat warga Bekasi untuk naik transportasi umum dapat meningkat dan dapat menekan kemacetan yang kerap terjadi”, katanya.

Untuk tahap awal,  TRON untuk TransPatriot akan menggunakan akun telegram yaitu @trontranspatriotbot dan akan mulai beroperasi pada 22 Agustus 2019. Layanan TRON di TransPatriot akan melayani rute yang baru saja diluncurkan yaitu Vida – Summarecon – Vida dan Wisma Asri – Sumber – Wisma Asri.

“Saat ini jumlah pengguna aktif aplikasi TRON sekitar 500 pengguna setiap harinya dan  waktu dekat kami akan meluncurkan layanan trayek baru untuk Angkot. Pertumbuhan TRON sejauh ini masih sesuai dengan target kami, dimana jumlah registrasi pelanggan sudah lebih dari 5.000 downloader. Kami targetkan untuk mengoperasikan lebih dari 6.000 angkot di Bekasi dan juga kota lainnya pada akhir tahun 2019," tegas David.

Baca Juga: Ini angkutan umum yang beroperasi di 25 ruas jalan perluasan ganjil genap

Sementara itu, Direktur PT PDMP Tubagus Hendra Suherman mengatakan TRON menawarkan teknologi inovasi yang memudahkan masyarakat Kota Bekasi dalam mencari angkutan kota, terutama TransPatriot. Diharapkan, dengan layanan dukungan dari TRON dapat membantu Pemkot Bekasi mengatasi masalah transportasi umum.

“Kami memutuskan untuk bekerja sama dengan PSA bersama dengan TRON dikarenakan mereka menawarkan suatu pola operasi yang mempunyai inovasi dan berbasis teknologi berupa dynamic routing dan on demand yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat membantu pemerintah kota bekasi dalam menyelesaikan masalah transportasi umum," kata Tubagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×