Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Rizki Caturini
JAKARTA. Pelaksanaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 yang berlangsung 12-14 Desember 2016 mendulang transaksi hingga Rp 3,3 triliun. Berdasarkan data temuan PT Nielsen Indonesia selama Harbolnas 2016 ada kenaikan rata-rata penjualan hingga 3,9 kali untuk 211 e-commerce yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
"Kenaikan angka ini merupakan perbandingan dengan hari biasa," ujar Rusdy Sumantri Direktur Nielsen Indonesia dalam paparannya, Senin (19/12).
Nielsen juga mencatat, 61% pengguna internet di Indonesia berbelanja online saat event berlangsung. "Harbolnas merupakan salah satu momen tersibuk bagi e-commerce di Indonesia," ujar Miranda Suwanto, SVP Strategi Partnership Anda Business Development Lazada, selaku ketua panitia Harbolnas.
Miranda menyatakan, ada beberapa hal yang menjadi faktor peningkatan tersebut. Di antaranya penawaran menarik, diskon tinggi, dan momentum belajar akhir tahun. Melalui Harbolnas, dapat memberi kontribusi transaksi yang signifikan bagi e-commerce.
Selain disebabkan oleh peningkatan jumlah peserta, juga ada dukungan dari berbagai mitra sponsor. "Kenaikan transaksi juga dipengaruhi oleh tingginya pertumbuhan pengguna internet dan kebiasaan belanja online yang semakin populer di Indonesia," imbuhnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News