kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tugu Insurance Berhasil Mempertahankan Global Rating A- (Excellent) dari AM Best


Rabu, 07 Februari 2024 / 15:37 WIB
Tugu Insurance Berhasil Mempertahankan Global Rating A- (Excellent) dari AM Best


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID -Jakarta - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) mendapatkan predikat bertaraf global the Financial Strength Rating A- (Excellent) dan the Long-Term Issuer Credit Rating of “a-” (Excellent) dari lembaga pemeringkat di bidang asuransi asal Amerika, A.M. Best, bahkan kali ini turut disertai dengan perolehan predikat Indonesia National Scale Rating (NSR) of aaa.ID (Exceptional). Rating A- (Excellent) di tahun 2023 ini adalah yang ke-8 bagi Tugu Insurance. Emiten Anak BUMN PT (Persero) yang berkode saham TUGU ini tercatat telah 8 tahun berturut-turut (2016-2023) mendapatkan peringkat Rating A- (Excellent) dari AM Best.

AM Best adalah lembaga pemeringkat kredit global dan penyedia analisis data dengan spesialisasi pada industri asuransi. Berkantor pusat di Amerika Serikat (berdiri sejak tahun 1899) AM Best melakukan pemeringkatan di lebih dari 100 negara dengan kantor regional di London, Amsterdam, Dubai, Hong Kong, Singapura dan Mexico City. Setiap tahun, AM Best memberikan penilaian kepada lebih dari 16,000 perusahaan asuransi di seluruh dunia.

AM Best memberikan rating A- untuk Tugu Insurance berdasarkan kekuatan neraca keuangan yang sangat baik, kinerja operasional yang baik, profil bisnis yang netral, dan manajemen risiko perusahaan yang tepat. Peringkat tersebut juga mempertimbangkan dampak netral dari perusahaan induk yakni PT Pertamina (Persero).

Dalam rilisnya, AM Best menilai kekuatan neraca keuangan Tugu Insurance didukung oleh permodalan yang disesuaikan dengan risiko dan hasil pengukuran Rasio Kecukupan Modal (Best’s Capital Adequacy Ratio / BCAR), Tugu Insurance berada pada level terkuat untuk jangka waktu menengah. AM Best memandang portofolio investasi Tugu Insurance memiliki risiko moderat dan umumnya terdiversifikasi, dengan mayoritas investasi dialokasikan pada obligasi dan deposito berjangka sedangkan sisanya pada investasi properti dan ekuitas. Mayoritas aset reasuransi memiliki kualitas kredit yang baik.

Presiden Direktur Tugu Insurance, Tatang Nurhidayat, menyatakan kegembirannya atas hasil rating review AM Best. “Predikat A- (Excellent) membuktikan arah kinerja perusahaan yang tepat di tahun 2023 lalu. Predikat ini bukti strategi perusahaan telah terimplemetasi dengan baik, juga buah manis atas upaya untuk terus membuat inovasi produk dan layanan baru, dengan tetap mempertahankan tingkat risiko secara jeli” ujar Tatang.

AM Best memandang kinerja operasional  Tugu Insurance kuat dengan Combined Operating Ratio rata-rata lima tahun sebesar 96,1% (2018-2022). Perolehan bisnis grup induknya, PT Pertamina (Persero), tetap menjadi kontributor utama terhadap kinerja operasional Tugu Insurance yang kuat. Selain itu, pendapatan investasi tetap menjadi kontributor positif terhadap laba bersih Tugu Insurance.

Predikat A- (Excellent) ini memberikan tambahan motivasi pada semangat kerja keras Tugu Insurance di tahun 2024. “Kami semakin bersemangat untuk memberikan kinerja terbaik yang berkelanjutan, melalui pengembangan produk hingga layanan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan berbasis teknologi digital, serta lebih banyak kemanfaatan untuk segenap Stakeholders” tambah Tatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×