kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tumbuh hingga 50% setiap bulan, Paxel lanjutkan ekspansi di tahun ini


Kamis, 11 Maret 2021 / 11:13 WIB
Tumbuh hingga 50% setiap bulan, Paxel lanjutkan ekspansi di tahun ini
ILUSTRASI. Fasilitas smart locker dari Paxel


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi covid-19 mendorong pertumbuhan bisnis logistik seiring dengan penguatan peran ekonomi digital. Paxel, menjadi salah satu penyedia jasa logistik yang memanfaatkan momentum tersebut.

Chief Technology Officer Paxel Erick Soedjasa mengungkapkan, pihaknya memasuki pasar bisnis logistik pada Januari 2018 dan melakukan pengantaran paket perdana pada bulan Mei 2018. Sejak saat itu, sambung Erick, Paxel bisa tumbuh signifikan hingga 100% secara tahunan (year on year).

"Year on year growth kami sudah 100%, itu good number untuk pemain awal seperti kami. Tapi ingin kami pastikan growth itu berjalan pararel dengan sistem, sehingga service level kami selalu bisa di atas 97%-98%," ungkapnya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (10/3).

Sepanjang 2020, pengguna Paxel terus bertumbuh seiring dengan meningkatkan peran jasa logistik di tengah pembatasan sosial akibat pendemi covid-19. Dari data yang didapat Kontan.co.id, Paxel pada tahun lalu bisa meraih tambahan pengguna (user) hingga 1,2 juta pelanggan. Pertumbuhan rata-rata per bulan pada 2020 mencapai 15%-20%.

Baca Juga: Jurus Paxel Menjaring Paket Kapasitas Besar

Layanan sameday delivery menjadi andalan Paxel. Layanan Paxel menjangkau lebih dari 215 kecamatan di 34  kota/kabupaten. Dilihat dari wilayahnya, layanan Paxel masih didominasi Pulau Jawa, Bali dan Makassar. 

Pada tahun ini, Paxel akan terus melakukan ekspansi dari sisi wilayah yang bisa dilayani. Perluasan area layanan akan dilakukan hingga ke Sumatera dengan menyasar kota besar seperti Medan. Ekspansi itu ditargetkan terealisasi pada  Kuartal II.

Dengan perluasan wilayah itu, Paxel membidik tambahan pelanggan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga bisa menjaring 2 juta UMKM pada pertengahan tahun ini. Posisi sekarang,  Paxel melayani sekitar 1,4 juta pelanggan UMKM. 

Lebih lanjut, Erick menyampaikan bahwa Paxel juga sedang bersiap menjaring penambahan layanan saat masa bulan Puasa. Kata dia, momentum tersebut bisa mendongkrak aktivitas pengiriman hingga 50%-60%. "Buat kami, itu menjadi sesuatu yang sangat oke. Secara sistem dan SDM, kami sudah persiapkan sejak saat ini," ungkap Erick.

Paxel pun telah bergabung dengan situs belanja online, Bukalapak.com sebagai mitra logistik. Saat ini, Paxel sedang menggodok potensi kerjasama lebih lanjut dengan pemain e-commerce besar lainnya.




TERBARU

[X]
×