kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.040.000 1,17%
  • RD.SAHAM 0.09%
  • RD.CAMPURAN 0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Uji coba sukses, Pertamina rencanakan produksi green diesel


Rabu, 15 Juli 2020 / 19:36 WIB
Uji coba sukses, Pertamina rencanakan produksi green diesel
ILUSTRASI. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika melakukan kunjungan kerja di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai, Provinsi Riau, Rabu (15/7).  

Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina menargetkan produksi produk green diesel (D-100) sebanyak 20.000 barel per hari di Kilang Plaju pasca sukses melakukan ujicoba pengolahan di Kilang Dumai.

Rencana produksi ini dilakukan pasca Pertamina sukses merampungkan ujicoba pengolahan Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RBDPO) 100% yang menghasilkan D-100 sebanyak 1.000 barel per hari pada fasilitas eksisting Kilang Dumai.

RBDPO adalah minyak kelapa sawit atau CPO yang telah diproses lebih lanjut sehingga hilang getah, impurities dan baunya. Uji coba pengolahan produksi yang dilakukan pada 2 - 9 Juli 2020 tersebut merupakan ujicoba ketiga setelah sebelumnya melakukan uji coba mengolah RBDPO melalui co-processing hingga 7.5% dan 12,5%.

Baca Juga: Pertamina catat transaksi MyPertamina dan LinkAja mencapai Rp 100 miliar per hari

Dalam kunjungannya, Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwan Kartasasmita bilang, langkah Pertamina sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengawal implementasi program bahan bakar nabati (BBN) dalam rangka mengoptimalkan sumber daya alam yang berlimpah di Indonesia, khususnya kelapa sawit, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Saya mengucapkan selamat kepada rekan-rekan di Pertamina, khususnya di Kilang Dumai yang telah membuktikan bahwa kita mampu. Keberanian yang diambil Pertamina ini luar biasa, prosesnya sejak tahun 2019 sampai hari ini juga sangat cepat,” ujar Agus dalam keterangan resmi, Rabu (15/7).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengapresiasi dukungan pemerintah kepada Pertamina untuk mewujudkan produk bahan bakar dengan menyerap bahan baku dalam negeri, dalam rangka mewujudkan kedaulatan dan ketahanan energi nasional.

“Dari uji coba ini menunjukkan bahwa dari sisi kilang dan katalis kita sudah siap, selanjutnya kita perlu memikirkan agar sisi keekonomiannya juga dapat tercapai,” kata Nicke.

Ia meyakini ujicoba ini sekaligus sebagai upaya meningkatkan serapan minyak sawit yang saat ini produksinya mencapai angka 42 hingga 46 Juta Metric Ton dengan serapannya sebagai FAME (Fatty Acid Methyl Ester) sekitar 11.5 %.

Adapun, dalam proses ujicoba pengolahan RBDPO menjadi D-100 di kilang Dumai, dapat direaksikan dengan bantuan katalis dan gas hidrogen untuk menghasilkan product Green Diesel.

“Katalis yang digunakan adalah Katalis Merah Putih yang produksi putra putri terbaik bangsa di Pertamina Research and Technology Centre bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung,” kata Nicke.

Baca Juga: Pertamina targetkan produksi Blok Rokan capai 200.000 bph saat alih kelola

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×