kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uji tipe kendaraan listrik bakal disorot soal baterai, kecepatan, dan isi ulang


Sabtu, 10 Agustus 2019 / 10:30 WIB
Uji tipe kendaraan listrik bakal disorot soal baterai, kecepatan, dan isi ulang
ILUSTRASI. Pengisian daya mobil listrik


Sumber: Kompas.com | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah membuat draf Peraturan Menteri (PM) mengenai uji tipe kendaraan listrik. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden ( Perpres) yang sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (5/8/2019).

Data yang didapat oleh Tim KompasOtomotif, draf PM mengenai uji tipe kendaraan listrik tersebut memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan uji tipe untuk kendaraan konvensional atau kendaraan bermesin pembakaran dalam.

Baca Juga: Toyota: Pemahaman masyarakat soal mobil listrik harus diperkuat

"Saya sudah membuat draf PM untuk uji kendaraan listrik. Sudah harmonisasi di internal. Rencananya bulan depan (terbit)," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Budi menjelaskan, perbedaan dari uji tipe kendaraan konvensional tidak banyak. Hanya saja dijelaskan secara detail tentang kabel dan baterai serta segala penunjang lainnya.

Tentunya, selain harus memenuhi ketentuan uji persyaratan teknis dan laik jalan, uji tipe kendaraan listrik juga akan dilakukan pengujian terhadap unjuk kerja akumulator listrik (baterai), perangkat elektronik pengendali kecepatan, dan alat pengisian ulang energi listrik.

Isi dari draf PM mengenai uji tipe kendaraan listrik ini juga banyak berkonsentrasi pada kelistrikan, seperti kabel-kabel, isolator, dan akumulator, serta bagaimana kelistrikan tersebut tidak terjadi kontak langsung dengan penggunanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bocoran Perbedaan Uji Tipe Kendaraan Listrik dengan Konvensional",

Penulis : Donny Dwisatryo Priyantoro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×