kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.415.000   -13.000   -0,54%
  • USD/IDR 16.600   -6,00   -0,04%
  • IDX 8.089   173,32   2,19%
  • KOMPAS100 1.119   28,59   2,62%
  • LQ45 796   23,97   3,10%
  • ISSI 285   3,86   1,37%
  • IDX30 415   14,34   3,58%
  • IDXHIDIV20 470   17,22   3,80%
  • IDX80 124   2,97   2,46%
  • IDXV30 133   4,48   3,48%
  • IDXQ30 131   4,31   3,39%

UMKM Binaan Astra Catatkan Transaksi Rp 70,79 miliar di Trade Expo Indonesia 2025


Senin, 20 Oktober 2025 / 17:37 WIB
Diperbarui Senin, 20 Oktober 2025 / 17:43 WIB
UMKM Binaan Astra Catatkan Transaksi Rp 70,79 miliar di Trade Expo Indonesia 2025
ILUSTRASI. Dari kiri: Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Pengembangan Ekspor Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Juan Permata Adoe, Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Rahmat Samulo, Dewan Pertimbangan KADIN Indonesia Teuku Zulham, dan Advisor YDBA Tonny Sumartono berbincang dengan pelaku UMKM di booth Yayasan Astra saat pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2025 di Tangerang, Banten, Jumat (17/10/2025). PT Astra International Tbk dan Yayasan Astra berpartisipasi di TEI 2025 dengan memfasilitasi 23 UMKM terpilih yang tergabung dalam program Astra Export Champion. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo). UMKM binaan Astra International (ASII) mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp70,79 miliar (setara US$ 4,29 juta) dalam ajang TEI 2025.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. UMKM binaan PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp70,79 miliar (setara US$ 4,29 juta) dalam ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2025 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 15 hingga 19 Oktober 2025.

Pencapaian ini merupakan hasil partisipasi 23 UMKM binaan yang difasilitasi oleh Astra melalui program Desa Sejahtera Astra, Yayasan Astra-Yayasan Dharma Bhakti Astra untuk memperluas jejaring ekspor serta memperkenalkan produk lokal unggulan ke pasar internasional. 

Chief of Corporate Affairs Astra Boy Kelana Soebroto menyatakan, UMKM binaan Astra mewakili tiga kategori utama produk unggulan Indonesia, yaitu makanan dan minuman olahan, komoditas pertanian, serta kerajinan pendukung fesyen dan home décor.

Baca Juga: Hilirisasi Migas Tak Bergerak Cepat, Pemerintah Dinilai Gagal Dorong Konversi Energi

“Produk-produk ini menarik minat calon pembeli dari berbagai negara, dengan tujuan ekspor antara lain Australia, Jepang, Belanda, Malaysia, Kanada, Jerman, Uni Emirat Arab, Nigeria, hingga Amerika Serikat,” Tambahnya dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Senin (20/10). 

Selama pameran berlangsung, para pelaku UMKM binaan Astra mengikuti berbagai business matching dengan calon pembeli dari Asia, Eropa, dan Timur Tengah, menghasilkan potensi transaksi tambahan senilai Rp48,62 miliar (US$ 2,95 juta).

Selain partisipasi di pameran utama, sebanyak 25 UMKM binaan Yayasan Astra juga mengikuti pelatihan Strategi Ekspor, hasil kolaborasi antara Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan RI, untuk mempersiapkan partisipasi mereka di TEI tahun mendatang.

Partisipasi Astra dalam TEI 2025 merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan UMKM dan peningkatan ekspor produk lokal, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Baca Juga: Komdigi Ancam Sanksi X Jika Tidak Segera Membayar Denda Konten Pornografi

Selanjutnya: Daftar Wanita dan Laki-Laki Paling Tua di Dunia 2025, Berikut Asal Negaranya

Menarik Dibaca: Tayang di Bioskop 30 Oktober 2025, Begini Sinopsis Film Pengin Hijrah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Video Terkait



TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×