kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Unilever Buktikan Komitmen Green Business pada SAFE 2023


Sabtu, 14 Oktober 2023 / 14:04 WIB
Unilever Buktikan Komitmen Green Business pada SAFE 2023
ILUSTRASI. Suasana kantor pusat PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) di Tangerang Selatan, Kamis (28/7).


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) meraih penghargaan Katadata Green Initiative Awards (KGIA) 2023  untuk kategori consumer goods karena dinilai telah menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan dalam operasional perusahaan.

Ira Noviarti, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk menyampaikan beroperasi di tanah air selama hampir 90 tahun, Unilever Indonesia senantiasa berkomitmen untuk bertumbuh sembari memberikan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan komitmen Unilever Indonesia dalam menjalankan bisnis yang berintegritas, bertanggung jawab dan memiliki tata kelola yang baik serta prinsip-prinsip keberlanjutan yang digariskan dalam strategi ‘The Unilever Compass’, membangun planet yang lebih lestari dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Disampaikan Ira, capaian perusahaan pada gelaran Katadata Green Initiative Awards (KGIA) 2023 juga menjadi buah manis dari keseriusan kami selama ini untuk turut mengatasi berbagai permasalahan lingkungan dan sosial.

Unilever Indonesia memiliki serangkaian komitmen terkait keberlanjutan, misalnya terkait manajemen limbah, yakni 0% volume sampah yang dibuang ke landfill, lalu dalam hal penanganan plastik, Perusahaan yang hampir berusia 90 tahun itu telah mengumpulkan dan memproses 62.360 ton sampah melalui jaringan bank sampah di 50 kota/kabupaten dan 11 provinsi.

Baca Juga: Unilever Borong LPPOM MUI Halal Award 2023, Hadiah Istimewa Jelang Ulang Tahun Ke-90

Ditambah dengan pemanfaatan plastik daur ulang pasca konsumen menjadi teknologi bahan bakar turunan dari sampah (refuse derived fuel/RDF).

Adek Media Roza, Director of Katadata Insight Center (KIC) menjelaskan bahwa Katadata Green Initiative Award (KGIA) diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan.

Penilaian dilakukan dengan mengidentifikasi komitmen dan inovasi perusahaan pada green practices diantaranya transisi energi bersih, komitmen rendah emisi, keuangan berkelanjutan, dan sebagainya.

Unilever Indonesia terpilih sebagai penerima penghargaan atas komitmen dalam menjalankan bisnis yang berintegritas, bertanggung jawab dan memiliki tata kelola yang baik.

Prinsip keberlanjutan yang digariskan dalam strategi ‘The Unilever Compass” yang memiliki tiga fokus utama, yaitu meningkatkan kesehatan planet, meningkatkan kesehatan, kepercayaan diri dan kesejahteraan masyarakat, dan berkontribusi dalam menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif.

"Dalam menjalankan the Unilever Compass, Unilever Indonesia melakukan Inisiatif pengemasan berkelanjutan dengan skema less plastic, better plastic, hingga no-plastic. Unilever Indonesia juga melakukan pengurangan jejak karbon dengan penggunaan energi terbarukan serta berbagai upaya pengurangan emisi lainnya. Penghargaan ini kami berikan kepada PT Unilever Indonesia Tbk sebagai role model, agar dapat menginspirasi perusahaan lain untuk ikut melakukan inisiatif serupa," jelas Adek dalam siaran persnya, Sabtu (14/10).

Baca Juga: Unilever Gelar Program YOU-STEP, Siapkan 21 Mahasiswa Disabilitas ke Dunia Kerja

Berdasarkan penilaian Katadata Insight Center (KIC), Unilever memiliki inisiatif pengemasan berkelanjutan dengan skema less plastic, better plastic, hingga no-plastic. Ditambah penerapan ekonomi berkelanjutan dan sirkular dengan mengajak masyarakat lebih bertanggung jawab terhadap kemasan yang mereka gunakan, terutama kemasan plastik.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam memberikan penghargaan kepada UNVR antara lain komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih.

Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya.  

Selain inisiatif dalam hal lingkungan, Unilever Indonesia juga senantiasa menjunjung tinggi equity, diversity, and Inclusion baik di tempat kerja maupun dalam mata rantai pasokan dan distribusi perusahaan.

Tidak lupa, mempromosikan praktik kebersihan yang baik, pentingnya gizi seimbang, serta kesehatan dan kebugaran masyarakat secara keseluruhan melalui kampanye brand-brand nya.

“Pencapaian ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus maju bersama masyarakat Indonesia, dan memperkuat komitmen kami untuk tumbuh secara kompetitif, berkelanjutan, konsisten dan bertanggung jawab,” tutup Ira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×