kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

United Tractors (UNTR) Merevisi Target Bisnisnya Hingga Tutup Tahun


Selasa, 13 September 2022 / 05:30 WIB
United Tractors (UNTR) Merevisi Target Bisnisnya Hingga Tutup Tahun


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -   JAKARTA. PT United Tractors Tbk (UNTR) merevisi naik target sejumlah bisnisnya untuk tahun ini. Diantaranyapenjualan alat berat merek Komatsu.

UNTR menargetkan penjualan alat berat Komatsu sebanyak 5.500 unit hingga akhir 2022. Target ini naik dari target sebelumnya di angka 4.800 unit.

Direktur United Tractors Iwan Hadiantoro mengatakan, terdapat dua faktor yang mendorong revisi naik target ini.

Pertama, permintaan alat berat yang tinggi utamanya dari sektor pertambangan. Kedua, membaiknya supply oleh prinsipal.

“Target ini juga naik dari tahun lalu, dimana secara full year 2021 terjual 3.000 unit. Sehingga target naik hampir 2 kali lipat,” terang Iwan dalam public expose United Tractors yang digelar virtual, Senin (12/9).

Baca Juga: United Tractors (UNTR) Optimistis Serapan Capex akan Lebih Ngebut di semester II-2022

Nantinya, target ini terbagi menjadi dua. Sekitar 1.000  unit merupakan jenis big machine, sisanya diperkirakan jenis alat small and medium class.

Di bisnis kontraktor tambang (mining contractor) lewat PT Pamapersada Nusantara (Pama), produksi batubara diestimasikan sebesar 114 juta ton, dengan target pengupasan lapisan penutup alias overburden (OB) removal sebesar 957 juta bank cubic meter (bcm).

Target ini naik sekitar 12% dari realisasi produksi pada tahun lalu.

Sementara itu, penjualan batubara lewat anak usaha UNTR, yakni PT Tuah Turangga Agung (TTA) ditargetkan sebesar 9,2 juta ton. Rinciannya, sebanyak 5,4 juta ton adalah batubara termal, 1,4 juta ton merupakan batubara hasil trading, dan sebanyak 2,3 juta ton merupakan batubara metalurgi alias batubara kokas.

Baca Juga: United Tractors (UNTR) Kerek Target Penjualan Komatsu Jadi 5.500 Unit

Di segmen tambang emas,  penjualan emas lewat PT Agincourt Resources diestimasikan mencapai 286.000 ons. Iwan mengatakan, dengan melihat kondisi ekonomi dan global yang tetap kondusif, UNTR yakin  dengan target-target ini.

“Tahun ini seluruh bisnis unit di UNTR memberi kinerja yang baik, dan ini terutama didorong oleh pemulihan ekonomi global dan pandemi yang membaik, sehingga permintaan batubara meningkat cukup besar,” sambung Iwan.

Asal tahu, anak usaha  PT Astra International Tbk (ASII) ini mencatatkan kenaikan kinerja operasional untuk sejumlah lini bisnisnya di periode Juli 2022. Salah satu segmen yang tumbuh moncer adalah penjualan alat berat Komatsu.

Di periode Juli 2022, menjual 526 unit alat berat. Jumlah ini naik 11,20% dari penjualan di Juni 2022 sebesar 473 unit Komatsu. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penjualan di Juli 2022 naik 159,11%, dimana penjualan pada Juli 2021 hanya mencapai 203 unit.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×