kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Upaya Kemendag terus meningkatkan ekspor kopi, teh dan kakao ke Inggris


Kamis, 18 Februari 2021 / 19:47 WIB
Upaya Kemendag terus meningkatkan ekspor kopi, teh dan kakao ke Inggris
ILUSTRASI. Upaya Kemendag terus meningkatkan ekspor kopi, teh dan kakao ke Inggris

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan akan terus mendorong ekspor kopi, teh hingga kakao ke Inggris. Hal ini terus dilakukan mengingat potensi pasar Inggris yang besar dan pemulihan yang terus berlangsung di negara tersebut.

"Kita akan terus mendorong supaya pasar inggris dari 3 komoditas ini bisa dimaksimalkan dan ditingkatkan karena pemulihan akan mulai berjalan, tadi sudah disampaikan akan ada pencabutan lockdown yang sudah berjalan dari Januari. Itu tandanya akan ada relaksasi kegiatan, termasuk aktivitas ekonomi yang mungkin kita juga harus siap-siap memasoknya," ujar Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Kasan, Kamis (17/2).

Menurut Kasan, Indonesia bisa memanfaatkan negara seperti Inggris untuk meningkatkan ekspor ketiga komoditas ini. Kasan juga menyebut terdapat beberapa hal yang bisa menjadi perhatian pelaku usaha untuk mendorong ekspor ke Inggris, mulai dari aspek keberlanjutan, lingkungan hingga penceritaan (story telling).

"Hal-hal yang diinginkan buyer menjadi suatu keharusan agar produk mendapatkan akses yang cukup baik, sehingga penjualan meningkat.

Baca Juga: Mayora Merajai Pasar Ekspor, Simak Rekomendasi Saham MYOR

Sementara itu, Atase Perdagangan KBRI London Mochamad Rizalu Akbar mengatakan bahwa Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memperluas pasar kopi, teh dan kakao ke Inggris. Hal ini melihat persentase ekspor ketiga komoditas tersebut masih cukup kecil.

Dia menyebut, ekspor kopi tujuan Inggris di 2020 hanya sekitar US$ 39 juta atau hanya 4,8% dari total ekspor kopi Indonesia.  Ekspor teh ke Inggris sebesar US$ 1,07 juta atau hanya 1,11% dari total ekspor teh Indonesia. Ekspor kakao ke Inggris di 2020 sebesar US$ 51.000 atau hanya 0,004% dari total ekspor kakao Indonesia.

Pada 2019, tercatat pula impor kopi Inggris dari Indonesia hanya sekitar 2,4% dari total impor kopi Inggris, sementara impor teh Inggris dari Indonesia hanya 0,5%, dan impor kakao Inggris dari Indonesia berkisar 0,38%.

Padahal, menurut Rizalu, pasar kopi, teh dan kakao di Inggris sangat besar. Dia mengatakan konsumsi kopi di Inggris bisa mencapai 95 juta cangkir per hari, konsumsi teh mencapai 165 juta cangkir per hari, dan konsumen di Inggris bisa membelanjakan US$ 3,28 per minggu untuk produk cokelat.

Dia pun mengatakan untuk bisa memasuki pasar Inggris, maka Indonesia harus mengikuti berbagai ketentuan yang ditetapkan Inggris, mulai dari ketentuan terkait labelling, packaging, keamanan makanan, pengawasan kesehatan, dan lainnya.

Baca Juga: Ini komoditas yang akan menjadi fokus pengembangan dari PTPN III holding tahun ini

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×