kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Usia Setengah Abad, Wahana Artha Group Ekspansi ke Bisnis Hotel, Kuliner hingga PLTS


Sabtu, 13 Agustus 2022 / 17:31 WIB
Usia Setengah Abad, Wahana Artha Group Ekspansi ke Bisnis Hotel, Kuliner hingga PLTS
ILUSTRASI. Booth pameran sepeda motor Honda, salah satu lini bisnis Wahana Artha Group.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wahana Artha Group genap berusia 50 tahun. Di usia setengah abad ini, grup yang memulai bisnis pada tahun 1972 ini berawal dari distributor sepeda motor Honda Jakarta Tangerang. 

Kini Wahana Artha Group berkembang menjadi group berbagai lini bisnis. Menginjak usia ke 50 tahun pada 2022, selain mengukuhkan diri sebagai main dealer sepeda motor Honda paling terintegrasi. Lalu melebarkan sayap lini bisnis menjadi penyedia layanan sepeda motor Honda dan bidang hospitality, food and beverage.

"Ke depan kami hadir tidak hanya sebagai grup bisnis. Tapi juga dapat memberikan manfaat untuk orang banyak serta akan berperan aktif menjaga keberlangsungan lingkungan untuk generasi mendatang," kata Group CEO Wahana Artha, Robbyanto Budiman, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (10/8).

Baca Juga: Mencoba Pengalaman Berkendara Jakarta-Subang dengan Vario 160  

Salah satunya melalui Yayasan Wahana Artha Group. Dengan fokus bidang kesehatan, lingkungan, pendidikan serta pemberdayaan hingga sustainability.

Di bidang pendidikan, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang memiliki 56 SMK Binaan. Selain kurikulum dan perlengkapan praktik, Wahana berikan kesempatan luas bagi lulusan SMK bergabung dengan jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Dari sisi lingkungan, Wahana Artha  mulai beralih menggunakan energi baru dan terbarukan (EBT). Yakni  instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap.

Baca Juga: Adaptasi saat pandemi, bisnis Wahana Artha Group tetap berputar

Wahana Artha Group bermitra dengan PT Xurya Daya Indonesia dalam pengadaan, instalasi hingga pemeliharaan sistem PLTS Atap. PLTS Atap telah beroperasi di tiga lokasi lini bisnis otomotif sepeda motor Honda. Yaitu Kantor Pusat Wahana Artha, Sentra Distribusi Jatake, Sentra Distribus Cimanggis 2.

Lalu dua lokasi bisnis hospitality. Yakni Hotel Santika Radial Palembang dan Hotel Santika Banyuwangi dalam tahap persiapan beroperasi.

Di sisi bisnis, Wahana Artha memiliki layanan transportasi logistik, ritel penjualan sepeda motor Honda di beberapa wilayah Indonesia, pembiayaan kredit, hingga customer relationship management.

Baca Juga: Ini tips ringan merawat sepeda motor saat WFH

Pada 2011 manajemen memutuskan mengembangkan group usaha Kini sebanyak tujuh hotel telah beroperasi di Jakarta, Bogor, Pekalongan, Solo,Banyuwangidan Palembang.  Wahana mempercayakan operator papan atas d ibidang hotel. Seperti Amaris, Santika, dan Tauzia Hotel Management. 

Wahana juga merupakan pemegang master franchise Kyochon, ayam goreng Korea di Indonesia. Dengan tujuh outlet di wilayah Jakarta dan Tangerang dan 5 outlet delivery.

Baca Juga: Wahana Artha Group wait and see sikapi pandemi corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×