Reporter: Benediktus Krisna Yogatama | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. PT Toyota Astra Motor mencetak penjualan wholesales bulanan tertinggi pada Agustus 2015. Pada bulan kedelapan tahun ini, perusahaan tersebut menjual 32.000 unit mobil dari pabrik mereka ke diler.
Manajemen Toyota Astra menyebut, dua varian baru menjadi daya dorong penjualan pada bulan Agustus. Kedua varian tersebut adalah Grand New Avanza dan New Veloz. "Responsnya sangat positif di masyarakat," ujar Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor kepada KONTAN, Kamis (10/9).
Dari total penjualan 32.000 unit mobil pada Agustus, penjualan New Avanza dan New Veloz berkontribusi 50%. Jadi kalau dihitung, penjualan dua varian anyar tersebut sebanyak 16.000 unit mobil.
Sebagai perbandingan, sebelum keluar catatan penjualan Agustus 2015, pencetak penjualan bulanan tertinggi adalah Maret 2015. Pada bulan ketiga, Toyota Astra mencatatkan penjualan 31.801 unit mobil. Sementara catatan penjualan terendah terjadi pada Juli 2015. Pada bulan yang bertepatan dengan hari raya Lebaran itu, Toyota Astra justru hanya mencetak penjualan 13.495 unit mobil.
Kalau dalam periode Januari hingga Agustus 2015, total penjualan Toyota Astra tercatat 208.000 unit mobil. Akumulasi tersebut turun 26,33% dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun lalu. Dari Januari hingga Agustus 2014, perusahaan itu mencatatkan penjualan 282.376 unit mobil.
Manajemen Toyota Astra berdalih, penurunan kinerja mereka sejalan dengan kondisi pasar otomotif di dalam negeri. "Kondisi ekonomi yang turun di luar kendali perusahaan," dalih Samulo.
Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang belum dirilis kepada publik, Samulo bilang penjualan mobil nasional dari Januari hingga Agustus tahun ini adalah 671.000 unit mobil. Dengan begitu, penjualan Toyota Astra sebanyak 208.000 unit mobil, setara dengan pangsa pasar 30,99%.
Nah, catatan pangsa pasar hingga Agustus tersebut masih menjadi pegangan target Toyota Astra hingga akhir tahun nanti. Perusahaan tersebut ingin mengejar pangsa pasar 31% - 32% dari total penjualan mobil nasional 2015.
Informasi saja, sebelumnya Gaikindo memangkas target penjualan mobil untuk kedua kalinya di tahun ini. Semula asosiasi mobil tersebut optimistis penjualan mobil nasional tahun ini adalah 1,2 juta unit mobil. Revisi target pertama adalah 1,1 juta unit mobil. Selanjutnya, revisi target kedua adalah menjadi 950.000 unit mobil hingga 1 juta unit mobil.
Jika target revisi kedua Gaikindo dan target pangsa pasar Toyota Astra terpenuhi, jumlah penjualan Toyota Astra tahun ini minimal 295.500 unit mobil. Lalu, maksimal 320.000 unit mobil.
Untuk mengejar target itu, Toyota Astra berstrategi dengan mendekati kebutuhan konsumen. "Kami lihat, apakah mereka kesulitan beli mobil baru, kami kerjasama dengan perusahaan pembiayaan memikirkan strategi pembiayaan yang lunak," kata Samulo.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News