kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Virus corona dan perlambatan ekonomi ancam proyek PLTS Terregra Asia di Australia


Jumat, 06 Maret 2020 / 18:58 WIB
Virus corona dan perlambatan ekonomi ancam proyek PLTS Terregra Asia di Australia
ILUSTRASI. PT Terregra Asia Energy Tbk (TGRA) kembali menunjukkan komitmen untuk terus mendukung pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Pada pekan lalu, projek PLTS rooftop dengan menggunakan teknologi panel surya milik TGRA secara resmi beroperasi di Waterboo

Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Terregra Asia Energy Tbk (TGRA) masih berupaya mengerjakan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Australia. Namun, proyek pembangkit energi baru terbarukan (EBT) ini menemui sejumlah kendala.

Sebagai catatan, TGRA memiliki lima proyek PLTA di Australia yang dikelola oleh anak usahanya yaitu Terregra Renewable Pty Ltd. Juli tahun lalu, salah satu PLTS milik Terragra Asia Energy di sana yang berkapasitas 5 megawatt (MW) sudah kelar.

Artinya, ada empat proyek PLTS lagi di Australia yang mesti diselesaikan TGRA. Keempatnya punya kapasitas masing-masing 5 MW.

Baca Juga: Perpres EBT Jadi Angin Segar Bagi Terregra Asia Energy (TGRA)

Sayangnya, Sekretaris Perusahaan TGRA Christin Soewito mengatakan, ada kemungkinan keempat proyek PLTS tersebut mengalami penundaan operasional secara komersial. Dengan kata lain, belum tentu proyek-proyek tersebut selesai di tahun ini.

Hal ini imbas dari kondisi perekonomian global yang belum membaik, bahkan cenderung kembali melemah akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Penyebaran virus Corona-19 yang juga terjadi di Australia tentu merugikan bagi TGRA. Epidemi tersebut membuat Terregra Asia Energy kesulitan mencari sumber pembiayaan bagi proyek-proyek PLTS di Negara Kangguru.

“Mayoritas investor saat ini sedang menunggu keadaan lebih baik,” kata Christin kepada Kontan.co.id, Jumat (6/3).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×