CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Wijaya Karya (WIKA) Lirik Beberapa Proyek Potensial di Ibu Kota Negara Baru


Kamis, 20 Januari 2022 / 19:25 WIB
Wijaya Karya (WIKA) Lirik Beberapa Proyek Potensial di Ibu Kota Negara Baru
ILUSTRASI. Gagasan rencana desain Ibu Kota Negara ibukota baru RI di Kalimantan Timur Kaltim. Wijaya Karya (WIKA) Lirik Beberapa Proyek Potensial di Ibu Kota Negara Baru.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) tampak antusias menyambut rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Wijaya bilang, pihaknya menyambut baik dan siap mendukung pembangunan infrastruktur di IKN.

Kemungkinan WIKA akan menyasar proyek-proyek yang sesuai dengan kompetensinya seperti infrastruktur bangunan, pembangkit listrik,  instalasi pengolahan air bersih dan limbah, serta pipanisasi.

"WIKA memiliki pengalaman yang sangat baik atas proyek-proyek tersebut," imbuh dia, Kamis (20/1).

Baca Juga: Adhi Karya (ADHI) Siap Jika Mendapat Penugasan Menggarap Proyek di IKN

Emiten pelat merah ini sudah punya banyak pengalaman dalam menggarap proyek infrastruktur di Kalimantan. Misalnya, proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda, Bandara Sepinggan, Jembatan Sei Alalak, dan Pelabuhan Kijing Mempawah. Tak hanya itu, WIKA juga turut serta dalam proyek Food Estate di Kalimantan Tengah.

Asal tahu saja, pemerintah menyatakan dana APBN untuk pembangunan IKN akan difokuskan pada penyediaan kebutuhan dasar pemerintahan.

Hal ini meliputi proyek pembangunan istana negara, kantor kementerian/lembaga, pangkalan militer, kompleks diplomatik, rumah dinas ASN/TNI/Polri, serta infrastruktur dasar seperti akses jalan, sanitasi, dan drainase.

Baca Juga: Setelah UU Disahkan, Jokowi Akan Pilih Kepala Otorita Ibu Kota Baru, Ini Calonnya

Sementara untuk infrastruktur pendidikan, kesehatan, bandara, pelabuhan, perumahan umum, perguruan tinggi, dan sarana perbelanjaan dibiayai secara kolaboratif dengan pihak swasta.

Mengacu pada situs ikn.go.id, total luas Kawasan Strategis Nasional IKN di Kalimantan mencapai 256.142 hektare (Ha) yang terdiri dari Kawasan IKN seluas 56.180 Ha dan Kawasan Pengembangan IKN seluas 199.962 Ha.

Adapun Kawasan Inti Pusat Pemerintahan menjadi bagian dari Kawasan IKN dengan luas 6.596 Ha.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×