kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,43   -4,30   -0.45%
  • EMAS1.029.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Wika Bitumen kirim 50 ribu metrik ton button rock ashphalt ke Tiongkok


Jumat, 02 Oktober 2020 / 16:56 WIB
Wika Bitumen kirim 50 ribu metrik ton button rock ashphalt ke Tiongkok
ILUSTRASI. Aktivitas pengiriman aspal Wika Bitumen.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT WIKA Bitumen melaui anak usahanya, PT Wijaya Karya Aspal (WIKA Aspal) telah berhasil melakukan ekspor Buton Rock Asphalt (BRA) sekitar 50.000 MT ke Qingdao Bright Century, PTE. Ltd, salah satu perusahaan besar dari Tiongkok.

Agenda pemuatan barang  telah dimulai pada hari Selasa, 29 September 2020 dan rencana akan berakhir pada tanggal 5 Oktober 2020. Pengapalan barang dilakukan di Pelabuhan Banabungi, Sulawesi Tenggara dengan metode transhipment yang menggunakan kapal tongkang menuju kapal MV. Daisy Ocean dengan muatan diatas lebih dari 6.000 Ton.

Kegiatan ekspor ini bukan kali pertama bagi WIKA Aspal, dan setiap perizinan ekspor telah melalui aturan dan kebijakan dari beberapa instansi terkait yaitu; Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan (KUPP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bea Cukai dan Imigrasi setempat.

“Pengiriman ekspor Buton Rock Asphalt (BRA) ke China dengan kontrak senilai US$ 1,47 juta atau setara Rp 22 Milyar, merupakan bagian dari strategi operasi dari WIKA Aspal dalam melebarkan pasar ke Luar Negeri khususnya Asia, sehingga portfolio bisnis kami akan semakin dikenal oleh mitra strategis kami di luar negeri,” ungkap Direktur Utama Wika Bitumen Bambang Dwi Wijayanto.

Baca Juga: Wijaya Karya (WIKA) garap proyek senilai Rp 112 miliar di Kepulauan Solomon

BRA merupakan aspal buton murni yang dihasilkan dari tambang di wilayah Kabungka, Sulawesi Tenggara dengan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang dimiliki oleh WIKA Aspal sejak tahun 2019.

Proses pengapalan dilakukan dengan jangka waktu sepuluh hari dan akan segera siap diberangkatkan ke Qindao Port, Tiongkok. Perusahaan Qingdao Bright Century, PTE. Ltd. sendiri bergerak dalam bidang manufaktur dan telah menjadi mitra WIKA Bitumen sejak tahun 2013.

“Kami optimistis produksi BRA dapat mencukupi kebutuhan domestik maupun luar negeri karena kualitas dari produk Aspal Buton ini merupakan produk unggulan dari Buton yang berbeda dari produk-produk negara lainnya, dan dengan semangat kinerja yang tinggi untuk membangun negeri, serta didukung dengan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang mumpuni kami yakin produk Aspal Buton nasional akan menjadi ‘primadona’ di negeri sendiri,” pungkasnya.

Selanjutnya: Perjalanan Budi Harto: Meniti karier di WIKA, jadi bos ADHI dan kini memimpin HK

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×