kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,47   -12,05   -1.29%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wings Group Indonesia gandeng Pemprov Jawa Timur bersihkan Kali Tengah, Gresik


Jumat, 18 September 2020 / 10:25 WIB
Wings Group Indonesia gandeng Pemprov Jawa Timur bersihkan Kali Tengah, Gresik
ILUSTRASI. Kegiatan bersih-bersih Kali Tengah, Driyorejo, Gresik, tepatnya di area muara sungai.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wings Group Indonesia melalui Wings Surya mengadakan kegiatan bersih-bersih di area muara sungai Kali Tengah, Driyorejo, Gresik pada Kamis (17/9) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Kegiatan tersebut melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, TNI AL Korps Marinir, Brigade Infanteri 2 Marinir, Perum Jasa Tirta 1 Divisi Asa 2 Surabaya serta Perangkat Desa di Wilayah Kali Tengah.

Manager Marketing Support Wings Surya, Lilik Sianto mengatakan,  perusahaan memiliki komitmen untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat di sekitar area muara kali unukt menjaga kebersihan lingkungan serta mensosialisasikan pentingnya kelestarian lama, terutama di Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Penting sekali mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali dan sungai karena hal itu dapat memicu beragam dampak buruk seperti pencemaran air, penumpukan sampah hingga banjir,” ujarnya dalam siaran pers.

Muara Kali Tengah dipilih sebagai lokasi kegiatan setelah  tim Wings Surya melakukan survey dan kajian bersama Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Jatim, Balai Besar Wilayah Sungai, Perum Jasa Tirta dan pejabat desa setempat. Catatan saja, selama ini Kali Tengah yang mengalir dari Gresik hingga tersambung ke Kali Brantas di Surabaya memang menjadi momok bagi masyarakat karena kerap mengakibatkan banjir.

Baca Juga: Wings Food luncurkan produk susu UHT kemasan botol 200 ml

Kondisi tersebut pada gilirannya mendorong  Wings Group untuk melakukan turun langsung membersihkan sampah-sampah yang mencemari muara Kali Tengah.Dalam proses tersebut,  Wings Surya beserta elemen lainnya yang terlibat memanfaatkan dua ekskavator  Untuk mempercepat proses pembersihan muara dari sampah.

Selain melakukan kegiatan bersih-bersih, Wings Group juga memberikan bantuan fasilitas kebersihan berupa tempat sampah ukuran 600 liter kepada warga setempat. Harapannya, hal tersebut dapat turut meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Kegiatan semacam ini bukan merupakan yang pertama bagi Wings Group. Sebelumnya, Wings Group juga pernah mengadakan kegiatan bersih-bersih Pantai Utara Jakarta, tepatnya di sekitar area Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara bersama dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) pada tahun 2019 lalu.

Aksi nyata Wings Group mendapat apresiasi dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur.  Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur Sinarto mengatakan,  upaya pembersihan wilayah air pada Kamis pagi menunjukkan ikhtiar yang baik perusahaan dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Semoga perusahaan yang lain juga memiliki kegiatan serupa sehingga lingkungan di Jawa Timur dapat terjaga dengan baik,” ungkap Sinarto.

Sementara itu, Kepala Divisi Jasa Tirta Asa 2, Arief Budiantono menyammpaikan bahwa kegiatan bersih-bersih yang diinisiasi oleh Wings Group bersama  Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. “Harapannya kegiatan bersih-bersih ini paling tidak dapat mengurangi sampah yang ada di Kali Tengah,” tutur Arief.

Selanjutnya: Pandemi Covid-19 mendorong permintaan kaleng untuk kemasan sarden

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×