kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Axiata (EXCL) Ramal Kenaikan Trafik Saat Ramadan Relatif Sama dengan Tahun Lalu


Kamis, 07 Maret 2024 / 17:28 WIB
XL Axiata (EXCL) Ramal Kenaikan Trafik Saat Ramadan Relatif Sama dengan Tahun Lalu
ILUSTRASI. Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan perangkat BTS 4G di atas tower yang berada di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. KONTAN/Baihaki


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memprediksi bahwa peningkatan trafik telekomunikasi di momen Lebaran 2024 akan relatif sama dengan tahun lalu.

Head External Communications XL Axiata, Henry Wijayanto menambahkan, walau demikian pihaknya berharap peningkatan trafik telekomunikasi yang terjadi akan lebih tinggi lagi.

"Kami memprediksi untuk trafik Lebaran tahun ini relatif akan sama peningkatannya dengan kenaikan trafik periode lebaran tahun sebelumnya. Meskipun begitu, kami tetap berharap bisa lebih tinggi lagi, seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan dan aktivitas komunikasi masyarakat dalam berkomunikasi," papar Henry saat dihubungi oleh Kontan, Kamis (7/3).

Asal tahu saja, pada 2023 lalu, EXCL mencatat peningkatan trafik penggunaan data sebesar 37% sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H, antara 19 April - 27 April 2023, dibandingkan dengan momen Lebaran tahun 2022 dan sebesar 17% dibandingkan dengan hari biasa.

Baca Juga: Adaro Energy Indonesia (ADRO) Bidik Penjualan Batubara 67 Juta Ton Tahun Ini

Henry berpendapat, momen Ramadan dan khususnya jelang dan selama Lebaran, aktivitas komunikasi masyarakat cenderung meningkat sehingga biasanya juga mendorong adanya peningkatan trafik layanan komunikasi khususnya layanan data. 

"Potensi kenaikan trafik layanan data ini tentunya juga harus diantisipasi melalui kesiapan jaringan, pelayanan dan sebagainya sehingga kenyamanan pelanggan/masyarakat dalam menggunakan layanan telekomunikasi dapat tetap terjaga dengan baik," imbuh dia. 

Melihat hal ini, Henry menyebutkan Perseroan akan terus memastikan kesiapan jaringan khususnya di berbagai wilayah untuk menjaga kenyamanan pelanggan/Masyarakat, kesiapan jaringan termasuk di antaranya meningkatkan kapasitas jaringan, menambah coverage dan sebagainya. 

EXCL juga akan menyediakan paket atau penawaran khusus selama ramadan dan lebaran, memastikan kesiapan layanan pelanggan, termasuk penyediaan saluran komunikasi digital untuk penanganan keluhan pelanggan, dan lainnya.

Baca Juga: Gihon Telekomunikasi Indonesia (GHON) Targetkan Pendapatan Tumbuh 7% pada 2024

Tahun ini EXCL menganggarkan capex sebesar Rp 8 triliun yang mayoritas akan digunakan untuk mendukung pengembangan jaringan bisnis layanan data dan konvergensi termasuk untuk IT. 

Sebagai informasi, pada tahun lalu, EXCL juga mengalokasikan capex sebesar Rp 8 triliun untuk menggelar ekspansi. Namun demikian, EXCL hanya mampu menyerap capex sebesar Rp 7,15 triliun sepanjang 2023. Nilai tersebut bahkan lebih rendah 21,01% dibandingkan serapan capex pada 2022 sebesar Rp 9,06 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×