kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

XL Axiata (EXCL) sebut proses tender menara masih berjalan


Senin, 02 Desember 2019 / 20:10 WIB
XL Axiata (EXCL) sebut proses tender menara masih berjalan
ILUSTRASI. Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS (Base Transceiver Station) di lokasi tower di Nawangkewa, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (27/10/2019). Layanan data XL Axiata sudah bisa dinikmati oleh masyarakat di 22 Kabupaten/K

Reporter: Amalia Fitri | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) belum dapat memberikan informasi lebih lanjut terkait proses penjualan sebagian menara telekomunikasinya, yakni sekitar 3.200 unit-3.300 unit dari 4.500 menara telekomunikasi yang masih dioperasikan.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih menjelaskan jika proses tender masih berjalan, sehingga pihaknya belum mengetahui dana yang akan didapatkan karena akan tergantung dari hasil valuasi pasar.

Baca Juga: Ini outlook industri telekomunikasi tahun depan

"Tentunya kami berharap valuasi yang optimal dari transaksi ini. Harapan kami proses ini akan selesai di sekitar kuartal I 2020," jelasnya kepada Kontan, Senin (2/12).

Berdasarkan catatan Kontan sebelumnya, Direktur Keuangan EXCL Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin menjelaskan penjualan ini akan dilakukan karena menara-menara tersebut sudah tidak strategis bagi XL. Rencananya, dana pelelangan menara telekomunikasi akan digunakan modal kerja dan investasi bisnis perusahaan.

Baca Juga: Strategi Berhasil, Telkom Bukukan Peningkatan Laba Bersih 15,6%

Menurut dia, sebuah menara disebut strategis apabila dua sampai tiga BTS yang ada pada menara tersebut menjadi induk dari 10 BTS-20 BTS di sekitarnya. Akan tetapi, saat ini, satu menara hanya menjadi induk dari satu sampai tiga BTS di sekitarnya. Hal ini terjadi karena perubahan rancangan dan topolgi jaringan EXCL.

Penjualan menara telekomunikasi EXCL ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, perusahaan menjual 3.500 menaranya kepada PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) senilai Rp 5,6 triliun pada 2014. Pada 2016, EXCL kembali menjual 2.500 menara pada Protelindo senilai Rp 3,6 triliun.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×