Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjawab kebutuhan pelanggan untuk mengakses layanan data dengan kendali penuh di tangannya, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan Live.On sebuah brand telekomunikasi digital baru yang memberikan pengguna keleluasan mengatur penggunaan paket data miliknya sendiri. Live.On memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menjalani gaya hidup digital dengan cara sendiri.
Peluncuran Live.On ini sekaligus ikut menandai hari jadi XL Axiata ke-24. Memasuki usia yang semakin dewasa, XL Axiata memperkuat komitmen untuk selalu mendukung pembangunan nasional melalui bidang telematika, termasuk dengan mendorong lahirnya layanan-layanan inovatif yang bisa mendukung produktivitas masyarakat Indonesia.
XL Axiata juga menyadari sepenuhnya di masa pandemi ini, produk dan layanan telematika menjadi salah satu penopang utama berbagai aktivitas di semua lapisan masyarakat.
Corporate Strategy & Business Development Director XL Axiata Abhijit Navalekar menyatakan pihaknya ingin membuat perubahan dengan mengubah status quo.
Baca Juga: Pinjaman bank jadi salah satu pilihan XL Axiata (EXCL) untuk pendanaan tahun ini
"Inilah saatnya untuk menjawab apa yang benar-benar dibutuhkan pengguna dalam menikmati layanan telekomunikasi. Bukan hanya mengedepankan aspek layanan digital, kami ingin mendefinisikan ulang bagaimana layanan telekomunikasi seharusnya dapat dinikmati,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (5/10).
Lanskap layanan telekomunikasi Indonesia saat ini didominasi oleh penawaran paket unlimited. Meskipun menarik untuk sebagian besar segmen pasar, ia menilai bagi pengguna melek digital yang mengidamkan pengalaman berinternet tanpa kompromi, penawaran ini masih memiliki banyak batasan dalam memenuhi kebutuhan pengguna sepenuhnya.
Pengguna layanan telekomunikasi Indonesia saat ini masih dihadapi dengan sejumlah batasan dalam menikmati paket unlimited.
1) Sebagian besar layanan prabayar berbasis kuota yang tersedia saat ini mengelompokkan layanan data menjadi kantong-kantong kuota yang berbeda, di mana pelanggan hanya bisa mengaksesnya untuk aplikasi, jaringan, dan rentang waktu tertentu saja.
2) Data unlimited yang ditawarkan memiliki batasan seperti a) kecepatan terkompromi b) akses terbatas untuk aplikasi tertentu saja.
3) Paket memiliki kebijakan batas pemakaian wajar atau Fair Usage Policy (FUP)
4) Manfaat paket kerap berubah setiap bulan, menyulitkan pengguna dalam mengawasi penggunaan data, menit telepon dan SMS.
5) Pemutusan koneksi internet tiba-tiba yang diterapkan layanan yang ada ketika kuota habis, memberikan pengalaman yang kurang nyaman bagi pengguna.
Guna menyiasati batasan-batasan tersebut, tak jarang pengguna menggunakan lebih dari satu nomor untuk layanan yang berbeda.
Berdasar riset industri Live.On, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna internet tertinggi di dunia, dengan lebih dari 185 juta pengguna internet aktif. Dengan tingkat penetrasi internet 68%, rata-rata pengguna adalah kaum melek digital yang mengonsumsi 15-20GB data per bulan.
Live.On bertujuan untuk mengubah hal ini dan memberikan kendali penuh bagi pengguna untuk mengatur layanan internet seluler mereka sendiri.
Abhijit memaparkan Live.On hadir untuk profesional muda yang melek digital dan mengonsumsi data lebih tinggi dari rata-rata, serta menjalani gaya hidup serba digital setiap hari. Mereka tidak segan untuk membayar lebih demi menikmati layanan internet berkuota besar tanpa kompromi.
Baca Juga: XL Axiata (EXCL) Menerima Pinjaman Senilai Rp 1,5 Triliun
"Kami menyasar pengguna yang memiliki kebutuhan untuk selalu terhubung dengan internet dan terbiasa memperoleh informasi secara instan. Apalagi sekarang sebagian besar pengguna dituntut untuk tetap produktif dari rumah, kebutuhan untuk paket data besar tanpa kompromi menjadi semakin relevan. Live.On mengembalikan kendali penuh atas layanan data ke tangan pengguna, untuk menjalani gaya hidup digital mereka dengan cara mereka sendiri," jelasnya.
Live.On menghadirkan 2 pilihan paket data berkuota besar dengan kebebasan dan fleksibilitas penuh yang didukung oleh jaringan premium.
Semua paket Live.On terdiri dari satu kuota data besar untuk semua aplikasi, jaringan dan waktu penggunaan tanpa kompromi kecepatan, pengakumulasian sisa data hingga 1.000GB, dan layanan yang 100% digital.
Dengan begitu memungkinkan pengguna memesan, membayar, mengaktifkan, mengontrol paket dan menghubungi customer service dari satu aplikasi.
Paket juga dilengkapi dengan proteksi terhadap koneksi internet terputus saat kuota habis dengan 3GB Emergency Quota gratis, dan fitur kustomisasi paket dengan berbagai opsi pilihan Add-On.
Berbasis layanan prabayar, Live.On tidak menggunakan pulsa, menjamin transparansi dan membebaskan pengguna dari kerumitan mengisi ulang.
Kedua paket tersebut yakni Paket Power On 25GB senilai Rp 80 ribu yang dilengkapi dengan 25GB data valid 24 jam untuk semua aplikasi dan jaringan, akumulasi data hingga 1000GB, 20 menit nelpon ke semua operator (termasuk landline dan premium), 20 SMS ke semua operator, dan 3GB Emergency Quota dengan kecepatan terbatas (128kbps) aktif saat kuota habis.
Kemudian Paket Power Full 50GB sebesar Rp. 125 ribu yang dilengkapi dengan 50GB data valid 24 jam untuk semua aplikasi dan jaringan, akumulasi data hingga 1000GB, 20 menit nelpon ke semua operator (termasuk landline dan premium), 20 SMS ke semua operator, dan 3GB Emergency Quota dengan kecepatan terbatas (128kbps) aktif saat kuota habis.
Baca Juga: XL Axiata (EXCL) meraih pinjaman Rp 1,5 triliun untuk modal dan investasi
Sedangkan, untuk yang ingin menambah data, menit nelpon, sms, atau data khusus untuk media sosial dan streaming seharian dengan biaya terjangkau, pengguna Live.On cukup menambah Add-On di luar dari paket dasar melalui pembelian satu kali dari aplikasi.
Ia bilang sejak 17 Agustus tersedia di pasaran, Live.On telah mencapai tingkat kesuksesan pengiriman 99%, dan 100% Skor Kepuasan Pelanggan (CSAT).
Saat ini, 1 dari 3 pengguna mendaftar Live.On karena ajakan dari teman melalui program Referral. Selain itu, tingkat konversi dari pengunjung website menjadi pengguna tercatat 5%.
Guna mengapresiasi pengguna, semua paket Live.On dilengkapi dengan hadiah Referral. Pengguna akan mendapatkan 5GB bonus data gratis setiap kali berhasil mereferensikan teman untuk mendaftar Live.On dengan kode referral unik mereka. Sebaliknya, teman yang mendaftar akan langsung mendapatkan potongan harga RP. 15.000 untuk pembelian kartu perdana mereka.
Untuk mempertajam penetrasi, perusahaan juga bermitra dengan Shopee selaku mitra eksklusif ecommerce-nya. Live.On menghadirkan alternatif bagi pengguna untuk juga dapat memesan kartu perdana, membeli add-on, maupun memperbarui paket melalui Shopee.
Tersedia harga promo spesial peluncuran untuk paket Power On 25GB bagi pengguna yang memesan kartu perdana Live.On melalui Shopee dalam periode terbatas.
Head of Brands Management Shopee Indonesia Daniel Minardi menambahkan sebagai perusahaan berbasis teknologi, ini merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk menyediakan berbagai produk yang memudahkan pelanggan dalam mengakses teknologi itu sendiri.
"Shopee merasa sangat terhormat terpilih sebagai mitra e-commerce eksklusif untuk Live.On dalam meluncurkan produknya di Indonesia. Kami berharap dapat membantu Live.On untuk menjangkau audiens yang lebih luas bersama Shopee," sebutnya.
Baca Juga: Cara cek bantuan kuota belajar Kemendikbud untuk pelanggan Telkomsel, XL, Tri, Axis
Adapun kemudahan yang ditawarkan salah satunya layanan gratis ongkos kirim untuk pembelian semua kartu perdana Live.On di website maupun Shopee.
Bertepatan dengan bulan ulang tahun XL Axiata yang ke-24, sebuah program promosi istimewa dapat dinikmati pengguna Live.On baru. Ada dua jenis promo yang berlangsung yaitu potongan harga Rp 24 ribu untuk semua pengguna yang membeli kartu perdana Live.On dan paket data apa saja selama periode Flash Sale 5 - 8 Oktober 2020 di Shopee.
Selain itu, pengguna Live.On yang terus memperbarui paket mulai dari Oktober 2020 hingga April 2021 akan menerima bonus kuota 7GB GRATIS per bulan selama 7 bulan berturut-turut. Untuk informasi selengkapnya terkait promosi, silahkan kunjungi https://www.liveon.id/247.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News