kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.914   16,00   0,10%
  • IDX 7.199   58,54   0,82%
  • KOMPAS100 1.106   11,37   1,04%
  • LQ45 878   11,64   1,34%
  • ISSI 221   1,06   0,48%
  • IDX30 449   6,23   1,41%
  • IDXHIDIV20 540   5,82   1,09%
  • IDX80 127   1,42   1,13%
  • IDXV30 134   0,44   0,33%
  • IDXQ30 149   1,71   1,16%

Yamaha R15 bukan sekadar V-ixion berjubah


Kamis, 24 April 2014 / 17:50 WIB
Yamaha R15 bukan sekadar V-ixion berjubah
ILUSTRASI. Cara share Spotify Wrapped 2022.


Sumber: Kompas.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Banyak yang menganggap Yamaha R15 adalah V-ixion yang diberi jubah alias fairing. Namun, dalam peluncuran resmi yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) semalam (23/4), di Empirica, SCBD, Jakarta Selatan, cukup banyak perbedaan dari keduanya, terutama di sisi teknikal.

M Abidin, GM Technical Department Service Division YIMM, menjelaskan bahwa mesin keduanya memang identik. Bahkan tenaga dan torsi sama, 16,5 PS @8.500 rpm dan 14,5 Nm @7.500 rpm. Namun, ada poin perbedaan yang membuat R15 punya karakter lebih sporty. ”R15 ini adalah versi terakhir dengan coefisien drag lebih baik 4 persen ketimbang model lama. Setelan ECU, karakter, dan handling berbeda dengan V-ixion,” ujarnya.

Berikut perbedaan antara R15 dan New V-ixion Lightning (NVL):

1. Transmisi. Jika NVL punya lima gigi, R15 bertransmisi 6 percepatan. Otomatis, nafas dibuat lebih pendek untuk mengejar torsi dan tarikan awal. Menariknya, transmisi R15 bisa dipakai untuk NVL, tinggal plug and play.

2. ECU. Otomatis untuk menyesuaikan dengan transmisi baru 6 percepatan, setelan jauh berbeda. ECU R15 ditegaskan Abidin tidak cocok untuk NVL.

3. Karakter. Meski tenaga dan torsinya sama, namun karakternya berbeda. Tenaga yang didistribusikan ke roda belakang memang sama, namun di crank lebih besar R15. Bermanfaat untuk akselerasi dari kondisi diam atau kecepatan tanggung.

4. Bobot. R15 136 kg, sementara NVL 129 kg. Dengan bobot lebih berat, namun Abidin menegaskan tenaga akan sama, terutama karena andil lengan ayun aluminium dan poin no. 3.

5. Jarak sumbu roda. R15 lebih panjang 4,5 cm.

6. Handling. R15 lebih mantap karena punya rasio berat hampir seimbang, 49,3 persen depan dan 50 persen belakang. Bandingkan dengan NVL dengan distribusi berat depan 47,3 persen dan belakang 52,7 persen. Didukung ban tapak lebar, manuver lebih stabil.

7. Sistem kelistrikan R15 full DC. Ciri-cirinya, kunci kontak diputar ke ”on”, lampu utama menyala.

Sebagai informasi tambahan, Abidin mengklaim dalam pengetesan internal R15 bisa digeber hingga kecepatan puncak 138 kpj. Jika kurang puas dengan tenaga dan kecepatan, YIMM menyiapkan ECU Daytona dan pemasangan knalpot Sakura untuk menambah tenaga. Setelah ECU bisa dilakukan dari gadget berbasis Android!  (Donny Apriliananda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×