Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Meski belum resmi meluncur, PT Yamaha Indonesia sudah memulai penjualan R15 secara online. Dalam 24 jam, Yamaha berhasil menjual R15 sebanyak 1.500 unit.
Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication and Community Develompent PT Yamaha Indonesia mengatakan, ini adalah salah satu strategi perusahaan untuk menggaet konsumen. "Ini apresiasi kami atas penantian panjang mereka sekaligus memanjakan dengan hadiah dan special edition," kata Eko, Kamis (17/4).
Konsumen harus membayar uang muka sebesar Rp 1 juta dengan periode waktu pembayaran 1x24 jam setelah melakukan pendaftaran. Adapun motor baru akan dikirim pada bulan Mei nanti.
Khusus domisili Jawa dan Bali, motor akan diantar pada minggu pertama dan kedua bulan Mei. Menyusul kemudian pengiriman barang di wilayah Sumatra, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Baru kemudian, di minggu ke empat, motor akan dikirim ke pelanggan di wilayah Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Irian Jaya.
Sejatinya, penjualan secara online ini dibuka mulai tanggal 15 April sampai 15 Mei 2014. Namun, melihat animo yang cukup tinggi, penjualan online sudah ditutup pada tanggal 16 April.
Penjualan R15 ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan Yamaha. Tahun ini, Yamaha menargetkan penjualan kendaraan roda dua sebanyak 2,6 juta unit. Namun, di kuartal I tahun ini, penjualan Yamaha belum mencapai 25% dari target.
Pada kuartal I–2014, Yamaha bisa menjual produknya 617.331 unit atau 23,7% dari targetnya dengan meraih48,02% pangsa pasar. Penjualan ini sedikit menurun dibanding kinerja kuartal I–2013 yang terjual 622.970 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News