kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,78   15,16   1.81%
  • EMAS1.355.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Zeekr Merek Asal China Akan Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia


Jumat, 07 Juni 2024 / 14:03 WIB
Zeekr Merek Asal China Akan Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia
Mobil listrik Zeekr X.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar otomotif Indonesia, khususnya di segmen mobil listrik, kembali kedatangan pemain baru. Zeekr, merek asal China, berencana memasarkan mobil listriknya di Indonesia pada kuartal IV-2024 melalui PT Premium Auto Prima.

Nantinya, ada dua model mobil listrik yang hendak diperkenalkan Zeekr, yaitu Zeekr X di segmen SUV dan Zeekr 009 di segmen MPV.

Managing Director Premium Auto Prima JinHong Lin Darwin menyampaikan, saat ini pihaknya terus mempersiapkan berbagai langkah strategis untuk merilis mobil listrik Zeekr di Indonesia.

Pada tahap awal, Zeekr akan membawa mobil listrik ke Tanah Air dengan skema impor utuh atau completely built up (CBU). Pendekatan ini memungkinkan Zeekr untuk membawa model yang sudah sepenuhnya dirakit langsung ke Indonesia, sehingga dipastikan model tersebut tetap memiliki standar kualitas dan kinerja tinggi.

Baca Juga: SU7 Sukses Jadikan Xiaomi Jagoan Baru di Pasar Mobil Listrik China

Meski belum pasti, Zeekr mengaku memiliki ketertarikan dengan adanya insentif bebas bea masuk dan PPnBM impor mobil listrik CBU yang diberikan pemerintah. Insentif tersebut pada dasarnya ditujukan untuk memacu pengembangan industri mobil listrik yang lebih maju di Indonesia.

"Kami melihat hal ini sebagai potensi besar membuat mobil listrik Zeekr lebih kompetitif di pasar Indonesia, sehingga pada akhirnya mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia," ungkap dia, Jumat (7/6).

Mobil listrik Zeekr 009

Darwin menambahkan, untuk tahun ini pihaknya akan fokus terlebih dahulu pada perkenalan merek dan penetrasi mobil listrik premium di Indonesia. Pada saat yang sama, Zeekr akan melakukan studi terkait perakitan mobil listrik di Indonesia pada masa depan. 

Zeekr tentu memiliki rencana untuk menegaskan komitmennya terhadap pasar Indonesia dengan mengeksplorasi potensi pendirian pabrik mobil listrik. Rencana ini sejalan dengan strategi jangka panjang Zeekr untuk memperluas jejak manufakturnya sekaligus memangkas biaya terkait impor dan logistik.

Potensi pendirian pabrik tidak hanya akan menunjukkan komitmen Zeekr terhadap pasar mobil listrik Indonesia, melainkan juga berkontribusi pada pertumbuhan industri otomotif lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mendukung tujuan pemerintah untuk pengembangan infrastruktur mobil listrik. 

Baca Juga: Saham Pabrik Mobii Listrik China Ini Terbang pada Hari Pertama di Wall Street

"Jadwal peluncuran pabrik ini tentunya akan sangat bergantung pada berbagai faktor, termasuk permintaan pasar, lingkungan regulasi, dan kesiapan infrastruktur," jelas dia.

Sebagai catatan, Zeekr merupakan merek mobil listrik yang menjadi bagian dari Geely Holding Group asal China. 

Sejak Oktober 2021, Zeekr telah menjual 260.000 unit mobil listrik secara global. Beberapa model yang telah dipasarkan Zeekr di pasar global antara lain Zeekr 001, Zeekr 001 FR, Zeekr 009 MPV, Zeekr X Urban SUV, dan Zeekr Mix.

Selanjutnya: Kenali Gejala Diabetes Militus Tipe 2, Apakah Gula Merah Lebih Aman untuk Diabetes?

Menarik Dibaca: Bose Ultra Open Earbuds, Perangkat Audio yang Dirancang Khusus untuk Kaum Urban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×