kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adhi Persada Properti Garap Proyek Rp 1,17 T


Senin, 15 Juli 2013 / 07:20 WIB
Adhi Persada Properti Garap Proyek Rp 1,17 T
ILUSTRASI. Ilustrasi cara mengajukan KUR Bank Mandiri 2022. KONTAN/Fransiskus Simbolon/20/01/2019


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Amailia Putri

JAKARTA. Selain proyek-proyek infrastruktur, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) juga gencar menggarap proyek-proyek properti. Melalui anak usaha, PT Adhi Persada Properti (APP), ADHI akan mengerjakan dua proyek properti. Masing-masing berlokasi di Pejaten, Jakarta Selatan dan Bali. Perusahaan itu menggandeng PT Angkasa Pura (AP) I sebagai mitra.

Total nilai kedua proyek tersebut mencapai Rp 1,17 triliun. Rencananya, ADHI sudah bisa melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) proyek-proyek anyar ini pada September 2013.

M Aprindy, Direktur Pengembangan dan Pemasaran Adhi Persada Properti menjelaskan, di Pejaten, APP akan membangun apartemen berkonsep low rise Nilai proyek ini ditaksir mencapai Rp 760 miliar.

Apartemen akan dibangun di atas lahan seluas 2,7 hektare (ha). Apartemen ini rencananya akan memiliki 270 unit. Pada tahap awal, ADHI akan membangun apartemen setinggi empat lantai yang terdiri dari 56 unit. "Tahap awal kami bangun di atas lahan seluas 5.000 meter persegi (m²) terlebih dahulu," ujar Aprindy kepada KONTAN, Jumat (12/7).

Harga per unit yang termurah dibandrol seharga Rp 2,7 miliar. Jika sesuai dengan jadwal, proyek ini akan rampung pada tahun 2015.
Proyek selanjutnya adalah kondotel yang berlokasi di Sunset Road, Bali. ADHI menggandeng AP I dalam menggarap proyek ini. AP I melalui anak usaha, PT Angkasa Pura Properti, bertindak sebagai penyedia lahan.

Total lahan yang tersedia seluas 1,7 ha. Selain kondotel, perusahaan itu juga akan membangun villatel, ballroom, serta area komersial sebagai pelengkap. Perinciannya, akan ada sekitar 198 unit kondotel dan sembilan unit villatel. Kemudian, akan ada ballroom yang dibangun di atas lahan seluas 2.200 m² dan area komersial seluas 3.000 m².

Nilai proyek ini diperkirakan mencapai Rp 375 miliar. Porsi ADHI dalam proyek ini sekitar Rp 240 miliar. "Profit sharing antara ADHI dengan AP I masing-masing sebesar 54% dan 48%," kata Aprindy. ADHI tengah mengurus perizinan untuk pembangunan kedua proyek properti ini.

Sekedar informasi, Adhi Persada Properti memiliki beberapa proyek yang tengah digarap. Salah satunya, apartemen Taman Melati Jatinangor, Jawa Barat. Adhi juga mulai membangun menara Cempaka di proyek yang bernama Grand Dhika City Bekasi.

Selain itu, juga ada apartemen Grand Taman Melati Margonda, Depok. Di Surabaya, Adhi memiliki proyek apartemen Grand Dhika Keputih.

M Ziad Choirin, Direktur Keuangan dan Risiko Adhi Persada Properti mengatakan, hingga semester I-2013, perusahaannya telah mengantongi penjualan sebesar Rp 137,4 miliar. Sedangkan laba bersih sekitar Rp 11,4 miliar. "Itu berasal dari proyek-proyek on going kami," tuturnya.

Ziad optimistis, target kinerja hingga akhir tahun bisa tercapai. Targetnya, Adhi bisa mengantongi pendapatan sebesar Rp 890 miliar sepanjang tahun 2013. Sedangkan perolehan laba bersih diproyeksikan bisa mencapai sekitar Rp 160 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×