kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AirAsia gandeng perusahaan travel


Sabtu, 02 Maret 2013 / 10:15 WIB
AirAsia gandeng perusahaan travel
ILUSTRASI. Ayah.


Reporter: Ragil Nugroho | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Segala cara ditempuh maskapai penerbangan untuk menggenjot jumlah penumpang. Misalnya PT AirAsia Indonesia yang menggelar pameran travel khusus AirAsia yang berlangsung 1 - 3 Maret 2013. Dalam ajang pameran ini, setiap biro perjalanan yang terlibat di acara tersebut akan memakai AirAsia dalam program tersebut.

AirAsia sengaja menggelar acara ini. Lantaran melihat hasil positif di acara serupa yang berlangsung di Makasar bulan lalu. Saat itu nilai transaksi bisnis di pameran Makasar mencapai Rp 50 miliar. AirAsia Indonesia pun mematok target transaksi yang sama dengan pameran sebelumnya.

Andy Adrian Febryanto, Head of Marketing AirAsia Indonesia optimistis kehadiran pameran tersebut dipredksi bisa meraup sekitar 1,27 juta penumpang. Artinya berkontribusi sekitar 15% dari target jumlah penumpang AirAsia hingga akhir tahun ini yang sebanyak 8,5 juta penumpang. "Ini target kami," kata dia, Jumat (1/3).

Tahun lalu, maskapai yang berpusat di Malaysia itu, mengangkut sekitar enam juta penumpang. Artinya, untuk tahun ini, AirAsia Indonesia menargetkan jumlah penumpang melambung sekitar 42% dari tahun lalu.

Adapun biro perjalanan yang terlibat di pameran tersebut antara lain KIA Tour & Travels, Bayu Buana Travel, Rotama Tour, Dwidaya Tour, Masindo Tour, Happy Tour, Anta Tour, TX Travel, Golden Rama Tours, Panorama Tours Vaya Tour, dan Avia Tour.

Selain itu, AirAsia juga menargetkan akan menambah sekitar delapan armada baru A 320 yang akan didatangkan secara bertahap tahun ini. "Target pertumbuhan jumlah penumpang juga diikuti penambahan jumlah maskapai penerbangan," kata Dharmadi, Presiden Direktur Air Asia Indonesia.

Saat ini Air Asia memiliki 22 unit pesawat. Dengan tambahan 8 unit pesawat, nantinya AirAsia Indonesia akan mengoperasikan 30 unit pesawat di akhir 2013.

Ekspansi penambahan armada tidak berhenti sampai tahun ini. Mulai tahun depan, mereka akan mendatangkan 10 unit pesawat per tahun. "Sehingga dalam lima tahun ke depan kami targetkan mengoperasikan 70 unit pesawat dan mengangkut 20 juta penumpang," paparnya.
Saat ini AirAsia sudah memiliki lima hub yang ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×