kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Airnav Indonesia tingkatkan fasilitas dan layanan navigasi di sejumlah bandara

Rabu, 14 Februari 2018 / 16:41 WIB

Airnav Indonesia tingkatkan fasilitas dan layanan navigasi di sejumlah bandara
ILUSTRASI. Menpar Arief Yahya berkunjung ke kantor AirNav

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai upaya mendukung target Kementerian Pariwisata yang menjaring target 17 juta wisatawan mancanegara, Direktur AirNav Indonesia lakukan berbagai strategi salah satunya peningkatan pelayanan navigasi.

Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto mengatakan, peningkatan pelayanan navigasi itu antara lain dilakukan di Cabang Pratama Lombok yang akan melakukan peremajaan dan mengadakan peralatan komunikasi penerbangan untuk menunjang pengembangan pariwisata di Mandalika. Sedangkan untuk pengembangan pariwisata di Bromo akan dibantu dengan peningkatan runway capacity Bandara Juanda dan peningkatan instrument procedure (PBN) di Cabang Madya Surabaya.

Untuk pengembangan pariwisata Danau Toba, kata Novie Riyanto, AirNav Cabang Madya Medan akan membentuk unit ATFM menggunakan aplikasi slot management CHRONOS, dan meremajakan peralatan komunikasi penerbangan. “Di unit Siborong-borong sebagai akses utama menuju Danau Toba kami akan mengganti DVOR, membuat instrument flight, dan membangun gedung tower baru,” ungkapnya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Rabu (14/2).

Begitu pula di Cabang Madya Yogyakarta, AirNav akan mengganti ATC System dan memperpanjang jam operasional penerbangan. Sedangkan Cabang Pratama Semarang akan membangun tower ATC baru dan memperpanjang jam operasional penerbangan untuk mengoptimalkan akses menuju Borobudur.

Di Pulau Komodo, Cabang Pembantu Labuan Bajo akan meningkatkan layanan AFIS menjadi TWR dan memperpanjang jam operasional penerbangan. Unit Wakatobi dan Unit Morotai mencanangkan akan meningkatkan kompetensi pelayanan AFIS sehingga penerbangan ke Wakatobi dan Morotai dapat ditingkatkan. Begitu pula Cabang Pembantu Tanjung Pandan akan meningkatkan pelayanan TWR dan mengadakan peralaatan electrical and mechanical support.

Sementara itu untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kepulauan Seribu dan Tanjung Lesung, menurut Novie Riyanto, runway capacity Bandara Soekarno-Hatta akan ditingkatkan oleh Cabang Utama JATSC hingga menjadi 86 per jam serta membangun New ATS System, sedangkan untuk Cabang Pratama Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta akan melakukan pengadaan dan meremajakan peralatan.

 


Reporter: Jane Aprilyani
Editor: Sofyan Hidayat

BISNIS TRANSPORTASI

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0010 || diagnostic_api_kanan = 0.0609 || diagnostic_web = 0.2425

Close [X]
×