: WIB    —   
indikator  I  

Arwana Citramulia rencana tambah kapasitas pabrik

Arwana Citramulia rencana tambah kapasitas pabrik

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Arwana Citramulia Tbk berencana untuk menambah kapasitas produksi plant IV di Palembang. Ekspansi ini seiring respons positif market terhadap produk keramik UNO berukuran 50 x 50 yang baru saja diluncurkan tahun lalu di Serang dan tahun ini di Gresik.

Direktur Keuangan Arwana, Rudy Sujanto mengatakan, pihaknya bakal menambah kapasitas produksi sekitar 7 meter persegi seiring permintaan keramik ukuran 50 x 50 yang membaik di Palembang. Selain itu, lanjut dia, perusahan juga ingin memangkas biaya angkut yang totalnya berkisar 8% sampai 10% dari harga produk.

Jika tidak ada aral melintang, kata Rudy, Arwana akan mulai membangun pada kuartal I/2018. "Tanahnya sudah tersedia, sekarang kami sedang melihat kondisi, jika industri positif, kita akan segera ambil keputusan," kata Rudy di sela-sela kunjungan pabrik oleh media di Mojokerto, Senin (13/11).

Seiring tanah yang sudah tersedia, perusahaan hanya mengalokasikan dana sekitar Rp 200 miliar untuk pembelian mesin-mesin produksi. Dana tersebut, kata Rudy akan diambil dari cash flow perusahaan.

Sebagai gambaran, produk UNO merupakan salah satu produk Arwana yang proses produksinya sudah menggunakan teknologi canggih, yakni berupa digital printing. Hingga kuartal III/2017, volume penjualan produk tersebut sudah mencapai 41% dari total penjualan atau naik dari posisi tahun lalu yang ada di angka 28%.

Tahun depan, perusahaan menargetkan kontribusi pendapatan untuk UNO mencapai 45%. 


Reporter Klaudia Molasiarani
Editor Dessy Rosalina

INDUSTRI KERAMIK

Feedback   ↑ x
Close [X]