kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ASDP Indonesia Ferry siapkan 2.100 kursi mudik gratis tahun ini


Senin, 09 April 2018 / 21:09 WIB
ASDP Indonesia Ferry siapkan 2.100 kursi mudik gratis tahun ini
ILUSTRASI. PEMUDIK PADATI PELABUHAN MERAK


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mendukung penuh program Mudik Gratis Bersama BUMN tahun 2018 yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). ASDP telah melakukan berbagai persiapan baik aspek keselamatan maupun kenyamanan penumpang.

Kementerian BUMN menetapkan mudik gratis tahun ini akan dilaksanakan pada 9 Juni di Parkir Pantai Carnaval Ancol, Jakarta dengan target minimal peserta sebanyak 200.000 pemudik atau melonjak 69,18% dibandingkan realisasi 2017.

Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi mengatakan, ASDP telah melakukan berbagai persiapan dan langkah antisipasi demi memberikan pengalaman yang berkesan saat menikmati layanan penyeberangan ASDP. Adapun kesiapan fasilitas umum di terminal penumpang yang tersedia seperti klinik, ruang menyusui, arena bermain anak, toilet bersih, anjungan terminal penumpang yang nyaman, mushola, hingga area parkir. Sementara fasilitas pendukung lain di atas kapal terdapat Warung ASDP yang menjual makanan dan minuman higienis.

"ASDP mendukung penuh inisiasi Kementerian BUMN dalam menggalakkan penggunaan moda transportasi ferry untuk angkutan mudik gratis. Diharapkan ke depannya moda ferry menjadi pilihan utama masyarakat," ujar Ira dalam keterangan resminya, Senin (9/4).

Tahun ini, ASDP akan menyediakan sekitar 2.100 kursi bagi peserta mudik gratis di tiga lintasan yang berada di wilayah Indonesia Timur. Pertama, di Ternate, dengan rute Bastiong - Rum dimana akan tersedia 900 tiket mudik gratis. Kedua, di Baubau dengan rute Torobolu - Tampo, tersedia 600 tiket gratis, dan ketiga, di Ambon dengan rute Galala - Namlea, tersedia 600 tiket mudik gratis.

Untuk kenyamanan pelanggan, ASDP memberikan kemudahan-kemudahan mulai dari pengaturan jadwal keberangkatan saat mudik dan balik dengan pembelian tiket online via situs http://tiket.indonesiaferry.co.id hingga alternatif pembelian tiket oleh pengguna jasa di luar area pelabuhan melalui buffer zone di titik potensial.

Hingga hari ini, ASDP juga sudah menjalin sinergi dengan empat BUMN dalam mendukung program mudik gratis. Tercatat, PT Bukit Asam Tbk telah memesan tiket untuk 500 orang pemudik pada lintasan Merak – Bakauheni. Kemudian PT Jasindo (Persero) yang memesan tiket untuk 300 orang pemudik pada lintasan Surabaya-Lembar. Lalu, PT Antam Tbk yang memesan tiket untuk 500 orang pemudik dan 500 tiket arus balik pada lintasan Bastiong - Rum di Ternate, Maluku Utara.

Perum Bulog juga telah menjajaki rencana memesan tiket pada lima lintasan yang dikelola ASDP. Jumlah tersebut masih bersifat sementara dan masih berpotensi meningkat seiring dengan terus bertambahnya jumlah BUMN yang berpartisipasi dalam program mudik gratis ini.

Sementara itu, di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni, ASDP memperkirakan jumlah penumpang penyeberangan yang akan dilayani selama musim mudik Lebaran tahun 2018 mencapai 1.600.328 pemudik dan 319.261 unit kendaraan, naik 10% dibandingkan realisasi tahun 2017 yang mencapai 1.454.844 orang penumpang dan 290.237 unit kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×