kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   -935,51   -100.00%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asita : Piala dunia bakal dongkrak perjalanan internasional


Selasa, 22 Mei 2018 / 16:07 WIB
Asita : Piala dunia bakal dongkrak perjalanan internasional
ILUSTRASI.


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia diprediksi akan menjadi salah satu alasan pelancong tanah air untuk berpergian ke luar negeri. Event sepakbola terbesar di dunia itu akan menjadi alasan bagi pecinta sepakbola tanah air untuk mengalokasikan dananya untuk berkunjung ke Eropa.

Asnawi Bahar, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) mengatakan tidak hanya bagi pecinta bola saja, melainkan mereka yang suka traveling ke Eropa akan ikut gembira. Pasalnya, perusahaan biro perjalanan akan banyak menawarkan paket menarik ke Rusia dan Eropa.

“Menurut saya tidak terlalu besar lah kalau karena bola, Rusia itu jauh tetapi kan ada paket keliling Eropa. Karena itu sepakbola itu jadi daya tarik single saja, tetapi dengan multidestinasi itu peningkatan akan ada,” ujar Asnawi kepada Kontan.co.id, Selasa (22/5).

Apalagi saat ini tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia terus meningkat. Menurut Asnawi sebanyak 40% dari masyarakat memiliki pendapatan cukup baik untuk bisa traveling ke luar negeri. Sebanyak 30% atau sekitar 75 juta melakukan kunjungan ke luar negeri setahun sekali khususnya untuk destinasi yang dekat.

Oleh karena itu, dengan adanya ajang Piala Dunia ini Asnawi meyakini kunjungan ke Rusia dan Eropa akan meningkat karena akan banyak paket-paket multidestinasi yang menarik bagi pelancong lokal ke sana. Ditambah lagi gelaran tersebut juga bersamaan dengan libur lebaran yang membuka peluang mendongkrak tingkat berpergian.

“Secara keseluruhan dari angka yang ada itu memang jumlah yang keluar negeri itu susah (diprediksi), karena jumlah berwisaya dan kunjungan dari imigrasi belu dapat data rinci, tetapi untuk angka berpergiannya saya kira naik tidak lebih dari 5%,” lanjutnya.

Piala dunia akan menjadi ajang bagi keluarga untuk melakukan liburan di tengah tahun ini, bagi pecinta bola tentu saja atmosfer menonton langsung akan menjadi daya taril. Sedangkan untuk yang tidak terlalu tentu saja paket multidestinasi wisata ke Eropa dan Russia terlalu menarik untuk ditolak.

“Biasanya ada kenaikan itu karena penggemar bola ke luar negeri, tetapi itu tidak banyak ini menjadi sebuah daya tarik untuk orang keluar negeri saja karena mereka berjalan dan nonton bola. Tetapi Eropa itu tujuan yang pasti ada kenaikan tahun ini karena magnetnya piala dunia itu,” kata Asnawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×